Home » Artikel Kehamilan » Makan minum & gizi

Hamil boleh puasa, asal……

Wednesday, July 20th, 2011 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 7043 , 1 today)

ASALKAN tidak ada faktor-faktor penyulit kehamilan, boleh kok berpuasa. Bahkan, puasa bisa membuat ibu hamil lebih sehat lho. Seperti apa sih trik berpuasa selagi hamil?

Seperti yang diutarakan dr R Muharam, SpOG, sebenarnya di trimester berapa pun ibu hamil boleh melakukan ibadah puasa selama bulan suci Ramadhan. Lain halnya bila ada kondisi-kondisi penyulit yang menyertai kehamilan. Berikut beberapa di antaranya yang mesti diwaspadai:

…Baca Lanjutannya »

Share

Minyak Ikan pada Kehamilan dan Otak Janin

Thursday, January 21st, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 11171 )

Mengkonsumsi minyak ikan saat hamil dapat meningkatkan koordinasi bayi serta mencegah terjadinya depresi post-natal.

Wanita yang mendapatkan dosis besar minyak ikan saat hamil secara nyata dapat meningkatkan daya koordinasi pada anak, para ahli menyebutkan.

…Baca Lanjutannya »

Share

11 Kiat Atasi Jerawat Selama Kehamilan : Plus 18 Tips Lawan Kulit Kusam

Wednesday, November 11th, 2009 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 68182 , 5 today)

Kata orang saat hamil setiap wanita akan terlihat bersinar, berseri-seri, dan yang pasti tambah cantik. Apa jadinya jika wajah Anda justru terlihat kusam dan berjerawat

Nadia sudah lama tak pernah mengalami masalah dengan jerawat. Padahal sewaktu ia ABG alias anak baru gede, wajah putihnyanya kerap dihinggapi jerawat. Setelah sekian lama mimpi buruk itu pergi dari hidupnya, kok disaat hamil anak pertama ini, presenter radio swasta di Jakarta ini kembali berhadapan dengan masalah jerawat. Bukankah orang bilang saat hamil wajah wanita akan terlihat bersinar? 

…Baca Lanjutannya »

Share

Kafein Perbesar Risiko Keguguran

Thursday, April 16th, 2009 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 3004 )

LONDON, SENIN – Wanita hamil sebaiknya menghindari minuman kopi atau berkafein karena berdasarkan hasil penelitian terbaru konsumsi kafein dapat memperbesar risiko mengalami keguguran.

…Baca Lanjutannya »

Share

Makanan Terbaik Saat Hamil

Friday, April 10th, 2009 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 6471 )

DIET masa hamil ini akan menjadi sempurna apalagi jika anda bisa mepertahankan semua yang baik hingga setelah masa kehamilan. Selama masa kehamilan, makanan paling baik untuk dikonsumsi adalah makanan yang banyak mengandung serat, rendah kadar lemak, gula dan garamnya. Ini bisa membantu mengurangi resiko komplikasi (akibat diet) selama mengandung seperti diabetes kehamilan, hipertensi akibat kehamilan (preeclampsia), mual, muntah, mulas dan sembelit karena susah buang air besar.

…Baca Lanjutannya »

Share

Tiga Gizi Saat Hamil

Tuesday, March 24th, 2009 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 4983 , 2 today)

TIGA gizi penting yang juga harus diperhatikan ketika hamil adalah asam folat, zat besi dan kalsium. Asam folat diperlukan untuk memenuhi tuntutan pertumbuhan volume darah selama kehamilan. Jika kurang mengkonsumsi ini, akibatnya adalah spina bifida dan anemia bagi si ibu. Asam folat bisa ditemukan pada sayuran daun hijau, gandum, telur kacang dan hati. Namun diet saja tidak cukup untuk mendapatkan folat. Mengkonsumsi suplemen asam folat pada trimester pertama sangat dianjurkan.

…Baca Lanjutannya »

Share

Banyak Jalan Menuju Normal

Wednesday, February 4th, 2009 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 10736 )

Banyak jalan menuju Roma. Demikian pepatah yang berpesan bahwa ada lebih dari satu cara untuk menyelesaikan sebuah masalah. Bagi ibu-ibu zaman sekarang, pepatah tersebut bisa berbunyi begini: banyak jalan melahirkan normal. Soal rasa takut dan rasa sakit, bisa disiasati.

…Baca Lanjutannya »

Share

Junk Food Membahayakan Bayi

Wednesday, January 14th, 2009 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 8756 , 1 today)

 

 

MENGONSUMSI makanan tak sehat seperti junk food selama masa hamil atau menyusui tidak hanya berpotensi merugikan kesehatan ibu. Suatu riset terhadap binatang mengindikasikan, konsumsi makanan tak sehat selama hamil dan menyusui juga dapat menimbulkan kerugian jangka panjang pada bayi.

…Baca Lanjutannya »

Share