Home » Artikel Kehamilan » Seputar Melahirkan

Bagaimana Cara Mengejan Yang Baik saat melahirkan?

Thursday, October 24th, 2013 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 20742 , 11 today)

By Yesie Aprillia @ Gentle Birth Untuk Semua

Bagaimana cara mengejan yang baik saat melahirkan? Ini adalah pertanyaan yang hampir selalu diungkapkan oleh klien saya di kelas hypnobirthing terutama mereka yang baru pertama kali hamil atau belum mempunyai pengalaman sama sekali tentang melahirkan pervaginam. Bahkan ada beberapa ibu yang notabenenya sudah berkali-kali melahirkna-pun masih kebingungan dengan cara mengejan yang baik karena mereka merasa selalu salah saat mengejan di persalinan yang lalu.

…Baca Lanjutannya »

Share

Gentle Birth, Melahirkan dengan lembut (kumpulan tweet @infohamil)

Thursday, October 24th, 2013 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 15789 , 1 today)

Bumil cantik… mimin mau bahas dan ulas dikit mengenai #Gentlebirth nih… yuk gelar tiker deket2 mimin yaaa 🙂

#Gentlebirth sebenarya bukan berupa metode, tapi lebih tepatnya berupa filosofi atau sebuah konsep

#Gentlebirth adalah sebuah filosofi yang menghargai keseimbangan alam, persalinan adalah proses yang alami dan menyenangkan

#Gentlebirth adalah sebuah filosofi yang berusaha meminimalisasi terjadinya trauma pada ibu maupun bayi

…Baca Lanjutannya »

Share

Yang suami harus tau ttg kehamilan

Friday, October 5th, 2012 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 3925 )

Kumpulan Tweet ini berisi informasi tentang peranan penting suami pada kehamilan istrinya.. wajib dibaca para calon ayah:)

Klik link : http://chirpstory.com/li/22970

Follow twitter @infoHamil

 

Share

Induksi Alami Persalinan

Friday, October 5th, 2012 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 3285 )

Kultwit (Kuliah Twitter) mengenai induksi alami persalinan yang bisa dilakukan saat kehamilan minimal 38 minggu. Tapi jgn lupa komunikasi dan ijin dulu dengan si baby yaaa

klik link berikut : http://chirpstory.com/li/22969

Twitter account : @infoHamil
Share

Probiotik untuk Mendongkrak Kekebalan Tubuh Bayi Lahir Caesar

Wednesday, October 20th, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 4831 )

Yang alami selalu lebih baik. Begitu juga dengan cara kelahiran bayi. Penelitian telah membuktikan bayi yang lahir melalui bedah Caesar memiliki indikasi kekebalan tubuh yang lebih rendah daripada bayi yang lahir secara normal. Meski begitu, jika kelahiran secara bedah Caesar tidak dapat dihindarkan, kekebalan tubuh bayi dapat didongkrak dengan beberapa cara, misalnya dengan memberikan probiotik. Probiotik sebagai bakteri hidup yang menguntungkan berfungsi sebagai zat yang dapat membentuk sistem daya tahan tubuh bayi. Probiotik salah satunya terdapat pada air susu ibu (ASI).

Mengapa bayi yang lahir secara normal memiliki kekebalan tubuh yanglebih baik daripada bayi yang lahir melalui bedah Caesar? Pada persalinan normal, bayi akan mengalami kontak dengan bakteri dari flora ibu, yakni dari feses atau jalan lahir (vagina) ibu. Bakteri tersebut bersifat ‘baik’ dan dapat membantu mempercepat tumbuhnya mikroflora usus pada bayi. Mikroflora ini merupakan salah satu komponen yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh.

…Baca Lanjutannya »

Share

Menabung Sel Induk, Si Penyambung Nyawa

Wednesday, August 25th, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 2988 , 1 today)

Menyimpan sel induk darah tali pusat, ibarat memiliki kunci cadangan. Siapa tahu kelak berguna.Â
Ketika berusia tiga tahun, Ryan Foo, lelaki kecil asal Singapura, divonis menderita kanker darah. Harapan hidupnya seakan terenggut tiba-tiba. Namun dokter menyarankan agar sang ibu hamil lagi, agar kelak saat adik Ryan lahir, tali pusatnya bisa digunakan untuk menyelamatkan hidup sang kakak. Ibu Ryan melakukan saran dokter, dan kini, Ryan sudah masuk sekolah dasar dan harapan hidupnya terbentang kembali.Â

…Baca Lanjutannya »

Share

Keajaiban Darah Tali Pusat

Tuesday, May 25th, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 13233 , 1 today)

Darah tali pusat (umbilical cord blood ) bisa digunakan untuk terapi, karena mengandung stem cell (sel induk) yang mampu memproduksi sel-sel darah baru seperti sel darah merah, sel darah putih, dan keping darah. Stem cell juga mampu memperbaiki sistem kekebalan tubuh sampai menggantikan jaringan yang rusak.

Nina (25 ), ibu muda yang baru saja mengetahui dirinya hamil, duduk dengan gelisah di ruang praktik dokter. Hatinya mendua, di satu sisi dia bahagia akan menjadi calon ibu. Tapi, di sisi lain dia amat takut terhadap kemungkinan bayinya menderita kelainan. Penyakit kelainan darah turunan yang menimpa keluarga saudara kandungnya, telah memengaruhinya secara psikis.

…Baca Lanjutannya »

Share

Meneropong Penyebab Bayi Berat Lahir Rendah

Wednesday, April 28th, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 12966 )

Kapan seorang bayi dikatakan bayi berat lahir rendah (BBLR)?
Angka kejadian BBLR di Indonesia berkisar 9-30% bervariasi antara satu daerah dengan daerah lain.
Hingga saat ini BBLR masih merupakan masalah di seluruh dunia karena merupakan penyebab kesakitan dan kematian pada masa bayi baru lahir.

…Baca Lanjutannya »

Share