Home » Artikel ASI » Inisiasi Menyusui Dini

Apa sih Inisiasi Menyusui Dini ?

Friday, April 18th, 2008 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 15549 )

Hari Minggu kemarin, 6 April 2008, aku ada acara di RS St. Carolus, dan sebagai bagian dari acara itu ada talk show mengenai “Inisiasi Menyusui Dini”

Dan aku belajar banget dari talk show ini .. Mohon maaf kalau cerita ini tidak berkenan, karena menurut aku ini penting dan perlu disharing, maaf kalau ada yang berpandangan kalau ini cerita tabu.

…Baca Lanjutannya »

Share

Agar ASI lancar di awal masa menyusui

Thursday, April 10th, 2008 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 27629 )

Idealnya proses menyusui dapat segera dilakukan begitu bayi lahir. Bayi yang lahir cukup bulan akan memiliki naluri utk menyusu pada ibunya di 20 – 30 menit setelah ia lahir. Itupun jika ia tidak mengantuk akibat pengaruh obat ataupun anastesi yang diberikan ke ibu saat proses melahirkan.

…Baca Lanjutannya »

Share

Bekal ibu Hamil

Friday, April 4th, 2008 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 3144 , 3 today)

Setelah bayi dilahirkan, kadang ibu menjadi defresi, bingung apa yang harus dilakukan, ini biasanya terjadi pada ibu-ibu muda atau ibu yang melahirkan anak pertama. Tetapi terjadi juga pada ibu-ibu yang melahirkan anak kedua, kegagalan menyusui pada anak pertama menjadi rasa percaya diri ibu menurun, sehingga berpotensi besar untuk memberikan susu formula.

…Baca Lanjutannya »

Share

Inisiasi Menyusu Dini

Tuesday, March 25th, 2008 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 2651 )

Masih sangat banyak kematian bayi setelah lahir. salah satu penyebabnya karena bayi tidak segera menyusu setelah dilahirkan. seperti dilansir majalah Pediatrics, 30 Maret 2006, pada penetian di Ghana terhadap 10.947 bayi lahir antara Juli 2003 and Juni 2004 dan disusui. Ternyata, bila bayi dapat menyusu 1 jam pertama dapat menyelamatkan 22% bayi, dan apabila menyusu pada hari pertama akan menyelamatkan 16% bayi. Jadi, kematian bayi meningkat secara bermakna setiap permulaan menyusu ditangguhkan.

…Baca Lanjutannya »

Share

Tata Laksana Inisiasi Menyusu Dini

Wednesday, November 28th, 2007 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 18970 )

1. Inisiasi dini sangat membutuhkan kesabaran dari sang ibu, dan rasa percaya diri yang tinggi, dan membutuhkan dukungan yang kuat dari sang suami dan keluarga, jadi akan membantu ibu apabila saat inisiasi menyusu dini suami atau keluarga mendampinginya.

2. Obat-obatan kimiawi, seperti

…Baca Lanjutannya »

Share