Home » Artikel Anak » Masalah umum bayi

Seputar Masalah Kolik Pada Bayi

Tuesday, November 2nd, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 3642 , 1 today)

Bayi yang terus menangis dapat membuat orangtuanya tertekan. Adalah hal yang lumrah bila mereka merasa tidak menentu, frustrasi, tak berdaya, bersalah, depresi, lelah, jengkel dan marah. Kolik adalah menangis dan rewel berkepanjangan selama lebih dari 3 jam sehari. Bayi yang meminum ASI ataupun susu formula dapat mengalami kolik. Sekitar 30% bayi sehat pernah mengalami kolik. Kondisi ini biasanya terjadi antara minggu kedua dan keempat setelah lahir.

Bayi anda sehat tetapi mungkin mengalami kolik apabila dia :
- Jumlah waktu menangisnya lebih dari 3 jam sehari selama lebih dari 3 hari dalam 1 minggu.
- Terkadang menjerit-jerit dan tak dapat dihibur. Kondisi terparah biasanya terjadi pada sore menjelang malam hari.
- Melurus-luruskan atau menarik-narik kakinya, dan buang angin (kentut). Perutnya seperti membesar karena kembung.

…Baca Lanjutannya »

Share

Probiotik untuk Mendongkrak Kekebalan Tubuh Bayi Lahir Caesar

Wednesday, October 20th, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 3924 , 4 today)

Yang alami selalu lebih baik. Begitu juga dengan cara kelahiran bayi. Penelitian telah membuktikan bayi yang lahir melalui bedah Caesar memiliki indikasi kekebalan tubuh yang lebih rendah daripada bayi yang lahir secara normal. Meski begitu, jika kelahiran secara bedah Caesar tidak dapat dihindarkan, kekebalan tubuh bayi dapat didongkrak dengan beberapa cara, misalnya dengan memberikan probiotik. Probiotik sebagai bakteri hidup yang menguntungkan berfungsi sebagai zat yang dapat membentuk sistem daya tahan tubuh bayi. Probiotik salah satunya terdapat pada air susu ibu (ASI).

Mengapa bayi yang lahir secara normal memiliki kekebalan tubuh yanglebih baik daripada bayi yang lahir melalui bedah Caesar? Pada persalinan normal, bayi akan mengalami kontak dengan bakteri dari flora ibu, yakni dari feses atau jalan lahir (vagina) ibu. Bakteri tersebut bersifat ‘baik’ dan dapat membantu mempercepat tumbuhnya mikroflora usus pada bayi. Mikroflora ini merupakan salah satu komponen yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh.

…Baca Lanjutannya »

Share

Pentingnya Bayi Bersendawa Usai Menyusui

Sunday, September 19th, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 2801 )

Menyusui bayi untuk pertama kalinya merupakan suatu pengalaman yang menyenangkan, seru atau menakutkan bagi seseorang yang baru menjadi orangtua. Tapi kenapa setelah menyusui bayi harus bersendawa?

Sendawa pada bayi merupakan suatu hal yang penting, karena dengan bersendawa bisa membantu mengeluarkan udara yang terikut masuk ke perut bayi saat menyusui. Jika bayi tidak bersendawa setelah menyusui maka udara yang masuk bisa menyebabkan bayi muntah, mudah tersedak dan pada beberapa bayi bisa menyebabkan kembung.

…Baca Lanjutannya »

Share

Bayi Jangan Cuma DiLap, Mandiin Dong!

Tuesday, April 20th, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 8299 , 8 today)

Sebagai ibu mustinya siap untuk merawat bayinya, salah satunya adalah dengan memandikan. Tidak perlu takut walaupun pusar belum puput, asal tidak di’apa-apain’. Selain itu memandikan juga dengan cara yang benar dan sehat. Beberapa ibu, karena takut ini malah hanya melap badan si bayi, yang tentu saja tidak bersih, dan bayipun merasa kurang nyaman.

Menurut dr. Ade Djanwardi Pasaribu, SpA dari RSIA yang sama, kebanyakan ibu tak berani memandikan bayi karena ia belum terlatih. Makanya, “Setelah melahirkan, sang ibu sebaiknya belajar pada suster di rumah sakit tentang bagaimana cara memandikan bayi dan minimal pernah sekali memandikannya,” anjur Ade pada kesempatan terpisah.

…Baca Lanjutannya »

Share

Aneka Diagnosa Pra Lahir

Friday, April 16th, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 3628 , 1 today)

Hamil bukan cuma memberi kebahagiaan tapi sekaligus menimbulkan rasa waswas. Ini muncul karena ibu khawatir akan kondisi janin yang dikandungnya. Untunglah kemajuan teknologi kedokteran saat ini mampu menjawabnya.

Seperti apakah kelak bayiku? Apakah ia perempuan atau lelaki? Apakah ia akan setampan ayahnya? Apakah ia akan memiliki bibir mungil seperti ibunya? Apakah ia akan gagah seperti kakeknya? Atau kelak ia malah seperti neneknya, yang bertubuh kecil?

…Baca Lanjutannya »

Share

MENCERMATI POLA TIDUR BAYI

Sunday, March 7th, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 32976 , 28 today)

Ada yang tidur terus, ada juga yang mudah terjaga.

Sebenarnya untuk bayi tidak ada istilah kebanyakan tidur atau susah tidur, seperti halnya orang dewasa. Jadi bila ditanya yang mana yang normal, semua pola tidur normal selama total waktunya (minimal 12 jam sehari) terpenuhi. Ingat lo, masing-masing bayi punya sifat berbeda jadi tak perlu membandingkannya dengan bayi lain. Bila si kecil lebih banyak menghabiskan waktunya dengan tidur sementara bayi lain sering sekali terjaga, itu karena bawaannya memang seperti itu. Yang penting, cermati perkembangannya. Selama tumbuh kembang si kecil sesuai dengan tonggak-tonggak perkembangan yang tertera dalam KMS (Kartu Menuju Sehat), berarti ia sehat.

…Baca Lanjutannya »

Share

Bayi yang Baru Lahir, Kulit Keriput dan Mata Bengkak

Thursday, March 4th, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 5287 , 22 today)

Pasangan muda yang baru saja memperoleh seorang bayi kadang berharap terlalu banyak. Mereka umumnya membayangkan akan memperoleh bayi lucu dan menggemaskan, seperti yang sering dilihat di televisi atau majalah.

Tetapi, kemudian kekecewaan akan menyelimuti begitu bayi lahir. Karena ternyata tak sebulat dan sehalus yang dibayangkan. Yang ada dalam dekapan adalah bayi dengan kulit keriput dan mata bengkak. Tapi jangan buru-buru kecil hati karena hal itu hanya bersifat sementara. Kira-kira menginjak bulan kedua, kulitnya tak lagi keriput dan bengkak di matanya hilang. Apa saja yang kira-kira tampak “aneh” saat bayi baru lahir?

…Baca Lanjutannya »

Share

Strategi Menghentikan Tangisan Bayi

Tuesday, February 2nd, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 2593 , 1 today)

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menentramkan bayi Anda. Pilihlah sesuai kebutuhannya.

Gendong.
Gendong ia dalam posisi tegak lurus dengan perut menempel di dada Anda, tepuk-tepuk punggungnya dengan lembut. Bawa ia berjalan-jalan mengelilingi ruangan atau ke ruangan lain. Bisa juga dengan cara meletakkannya di kereta bayi dan dorong perlahan-lahan dengan hati-hati. Jika kondisi Anda tak memungkinkan untuk menggendongnya sambil berjalan, letakkan ia di lengan, sementara Anda duduk di kursi goyang. Goyangan yang lembut akan menenangkannya.

…Baca Lanjutannya »

Share