Home » Artikel Kehamilan » HypnoBirthing®

Gentle Birth, Melahirkan dengan lembut (kumpulan tweet @infohamil)

Thursday, October 24th, 2013 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 16044 , 2 today)

Bumil cantik… mimin mau bahas dan ulas dikit mengenai #Gentlebirth nih… yuk gelar tiker deket2 mimin yaaa 🙂

#Gentlebirth sebenarya bukan berupa metode, tapi lebih tepatnya berupa filosofi atau sebuah konsep

#Gentlebirth adalah sebuah filosofi yang menghargai keseimbangan alam, persalinan adalah proses yang alami dan menyenangkan

#Gentlebirth adalah sebuah filosofi yang berusaha meminimalisasi terjadinya trauma pada ibu maupun bayi

…Baca Lanjutannya »

Share

Hypnobirthing & Gentle Birth : Lebih Siap Mental

Thursday, October 24th, 2013 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 7045 , 2 today)

Akhirnya setelah umur my baby Ana 2.5 bulan, aku menyempatkan diri nulis panjang mengenai kisah kelahirannya, menepati janjiku pada banyak orang. Daripada ditagih lagi sama adik sepupu ipar tercinta dr.Adirahman SpOG 🙂

Kelahiran Ana memiliki kisah yang indah sekali, apalagi kalau aku bandingkan dengan kelahiran kakaknya (Raka 6 thn) yang benar2 nggak punya pengetahuan mengenai proses persalinan dan melahirkan, pasrah saja pada policy rumah sakit dan suasana ruang melahirkan yang  terang benderang penuh peralatan medis dan suara dokter,bidan yang (sayangnya) bikin panik. Tapi itu pun sebenarnya proses kelahiran Raka berjalan cukup lancer berkat hypnobirthing yang diturunkan oleh guru tercintaku, ibu Lanny Kuswandi. Ya pastinya lancar dong… kalo enggak ya ngga jadi buku 🙂

…Baca Lanjutannya »

Share

Hanny Widya: Hypno-birthing & komunikasi dengan janin, kelahiran pun lancar

Thursday, October 24th, 2013 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 3456 , 1 today)

Saya bahagia sekali karena berhasil melahirkan kedua anak saya secara normal. Ini memang keinginan saya dan suami. Proses kelahiran keduanya pun lancar. Saya yakin, ini semua karena hypnobirthing.

Saya memang sudah tertarik dengan metode ini sejak awal saya mengenalnya lewat sebuah milis. Dari sini juga saya tahu jika Ibu Lanny Kuswandi adalah orang pertama yang memperkenalkan teknik hypnobirthing di Indonesia. Meskipun ketika itu usia kandungan saya sudah memasuki bulan ke-8, tetapi niat saya dan suami mengikuti kelas Ibu Lanny tetap kuat. 

…Baca Lanjutannya »

Share

Antenatal self-hypnosis for labour and childbirth: a pilot study

Monday, January 31st, 2011 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 6952 , 1 today)

Research conducted by :
Department of Women’s Anaesthesia, Women’s and Children’s Hospital, Adelaide, South Australia, Australia
Cyna AMAndrew MIMcAuliffe GL.

Abstract

In our institution we have used antenatal training in self-hypnosis for over three years as a tool to provide relaxation, anxiolysis and analgesia for women in labour. To assess the effects of hypnotherapy, we prospectively collected data related to the use of hypnosis in preparation for childbirth, and compared the birth outcomes of women experiencing antenatal hypnosis with parity and gestational age matched controls.

…Baca Lanjutannya »

Share

Hypnosis: practical applications and theoretical considerations in normal labour

Monday, January 31st, 2011 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 18711 , 1 today)

British Journal of Obstetrics & Gynecology
1993 Mar;100(3):221-6. Jenkins MW, Pritchard MH

Abstract

OBJECTIVE: To assess the effects of hypnotherapy on the first and second stages of labour in a large group of pregnant women.

DESIGN: A semi-prospective case control study in which women attending antenatal clinics were invited to undergo hypnotherapy.

SUBJECTS: One hundred twenty-six primigravid women with 300 age matched controls, and 136 parous women having their second baby with 300 age matched controls. Only women who had spontaneous deliveries were included.

…Baca Lanjutannya »

Share

Hypnosis for pain relief in labour and childbirth: a systematic review

Monday, January 31st, 2011 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 50569 , 5 today)

British Journal of Anesthesia

Abstract

Background. In view of widespread claims of efficacy, we examined the evidence regarding the effects of hypnosis for pain relief during childbirth.

Methods. Medline, Embase, Pubmed, and the Cochrane library 2004.1 were searched for clinical trials where hypnosis during pregnancy and childbirth was compared with a non-hypnosis intervention, no treatment or placebo. Reference lists from retrieved papers and hypnotherapy texts were also examined. There were no language restrictions. Our primary outcome measures were labour analgesia requirements (no analgesia, opiate, or epidural use), and pain scores in labour. Suitable comparative studies were included for further assessment according to predefined criteria. Meta-analyses were performed of the included randomized controlled trials (RCTs), assessed as being of ‘good’ or ‘adequate’ quality by a predefined score.

…Baca Lanjutannya »

Share

Liputan WORKSHOP HYPNOBIRTHING DAN HYPNOPARENTING

Monday, November 16th, 2009 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 3317 )

Semua wanita di dunia tumbuh dewasa dengan pengetahuan bahwa melahirkan itu sangat sakit. Banyak wanita merasakan sakit tersebut lebih parah dari seharusnya karena banyak dipengaruhi oleh rasa penik dan stres. Kini semuanya dapat dihindari dengan adanya metode relaksasi. Sebenarnya ini bukanlah hal yang baru, metode relaksasi telah digunakan sejak tahun 50-an di Amerika Serikat. Salah satu metode yang terkenal dalam persalinan adalah Hypnobirthing.

…Baca Lanjutannya »

Share

BOOM HYPNO, DARI HYPNOBIRTHING HINGGA HYPNOPARENTING

Wednesday, November 4th, 2009 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 3521 )

Setiap orang tua mengidamkan kemudahan dalam menjalankan tiga tugas mulia : melahirkan, menyusui dan mengasuh anak. Trio Hypno : Hypnobirthing, Hypnobreastfeeding dan Hypnoparenting berikut ini mencoba menawarkan solusi alternatif.

Belakangan ini istilah “hypno” semakin sering terdengar di telinga, sebut saja hypnobirthing, hypnobreastfeeding, dan hypnoparenting. Tentu saja, fenomena tersebut tidak datang dengan sendirinya. Bisa jadi hal itu disebabkan semakin banyak calon orang tua, dan orang tua yang membutuhkan solusi praktis, cepat dn rasa skit minimal. Lantas, benarkah metode ’serba hyno’ tersebut dinilai efektif dan realistis?

…Baca Lanjutannya »

Share