Home » Artikel Anak

Bayi Happy, Dewasa Bahagia

Tuesday, September 20th, 2011 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 2716 , 1 today)

Perkembangan emosi yang stabil pada bayi sangat dibutuhkan supaya pertumbuhan dan perkembangan fisik serta psikisnya berlangsung optimal.

…Baca Lanjutannya »

Share

9 Kepribadian Balita

Saturday, January 15th, 2011 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 3155 )

Mengasuh si kecil tidak akan pernah ada bosannya karena bayi atau balita sering menunjukkan beragam sifatnya. Perasaannya gampang berubah-ubah mulai dari pemalu, serius, cerita atau ingin tahu. Apa saja kepribadian balita?
Meski masih kecil menurut konsultan anak Su Laurent dalam bukunya ‘Your Baby Month by Month’ yang diterbitkan Esensi seperti dikutip Jumat (24/9/2010), balita sudah memiliki kepribadian.
Ia menyarankan sebaiknya orangtua tidak memberikan julukan seperti anak cerewet atau mengjengkelkan karena perilaku anak bisa berubah-ubah. Julukan yang melekat bisa mempengaruhi cara anak melihat dirinya tumbuh.

…Baca Lanjutannya »

Share

Seputar Masalah Kolik Pada Bayi

Tuesday, November 2nd, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 4201 )

Bayi yang terus menangis dapat membuat orangtuanya tertekan. Adalah hal yang lumrah bila mereka merasa tidak menentu, frustrasi, tak berdaya, bersalah, depresi, lelah, jengkel dan marah. Kolik adalah menangis dan rewel berkepanjangan selama lebih dari 3 jam sehari. Bayi yang meminum ASI ataupun susu formula dapat mengalami kolik. Sekitar 30% bayi sehat pernah mengalami kolik. Kondisi ini biasanya terjadi antara minggu kedua dan keempat setelah lahir.

Bayi anda sehat tetapi mungkin mengalami kolik apabila dia :
– Jumlah waktu menangisnya lebih dari 3 jam sehari selama lebih dari 3 hari dalam 1 minggu.
– Terkadang menjerit-jerit dan tak dapat dihibur. Kondisi terparah biasanya terjadi pada sore menjelang malam hari.
– Melurus-luruskan atau menarik-narik kakinya, dan buang angin (kentut). Perutnya seperti membesar karena kembung.

…Baca Lanjutannya »

Share

Probiotik untuk Mendongkrak Kekebalan Tubuh Bayi Lahir Caesar

Wednesday, October 20th, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 4795 , 1 today)

Yang alami selalu lebih baik. Begitu juga dengan cara kelahiran bayi. Penelitian telah membuktikan bayi yang lahir melalui bedah Caesar memiliki indikasi kekebalan tubuh yang lebih rendah daripada bayi yang lahir secara normal. Meski begitu, jika kelahiran secara bedah Caesar tidak dapat dihindarkan, kekebalan tubuh bayi dapat didongkrak dengan beberapa cara, misalnya dengan memberikan probiotik. Probiotik sebagai bakteri hidup yang menguntungkan berfungsi sebagai zat yang dapat membentuk sistem daya tahan tubuh bayi. Probiotik salah satunya terdapat pada air susu ibu (ASI).

Mengapa bayi yang lahir secara normal memiliki kekebalan tubuh yanglebih baik daripada bayi yang lahir melalui bedah Caesar? Pada persalinan normal, bayi akan mengalami kontak dengan bakteri dari flora ibu, yakni dari feses atau jalan lahir (vagina) ibu. Bakteri tersebut bersifat ‘baik’ dan dapat membantu mempercepat tumbuhnya mikroflora usus pada bayi. Mikroflora ini merupakan salah satu komponen yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh.

…Baca Lanjutannya »

Share

Agar Tidur Bayi Nyenyak di Malam Hari

Tuesday, October 5th, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 8315 )
Saat malam hari seringkali orangtua tidak dapat tidur dengan nyenyak karena bayinya sering terbangun. Jika orangtua ingin bayinya tidur lebih lama di malam hari, maka ubahlah cara tidur bayi pada siang hari sehingga bayi lebih nyenyak ketika tidur malam.
Share

Kenali Keracunan Makanan

Thursday, September 30th, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 1973 )

Si kecil diare? Jangan-jangan ia keracunan makanan

Keracunan makanan perlu dicurigai bila anak sakit perut, diare, muntah, dapat disertai demam secara mendadak setelah 1-96 jam mengonsumsi makanan yang terkontaminasi. Apalagi bila gejala ini dialami beberapa anak atau bila si kecil sakit tanpa ada riwayat kontak dengan orang lain yang sakit sebelumnya.

…Baca Lanjutannya »

Share

Pentingnya Bayi Bersendawa Usai Menyusui

Sunday, September 19th, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 3218 )

Menyusui bayi untuk pertama kalinya merupakan suatu pengalaman yang menyenangkan, seru atau menakutkan bagi seseorang yang baru menjadi orangtua. Tapi kenapa setelah menyusui bayi harus bersendawa?

Sendawa pada bayi merupakan suatu hal yang penting, karena dengan bersendawa bisa membantu mengeluarkan udara yang terikut masuk ke perut bayi saat menyusui. Jika bayi tidak bersendawa setelah menyusui maka udara yang masuk bisa menyebabkan bayi muntah, mudah tersedak dan pada beberapa bayi bisa menyebabkan kembung.

…Baca Lanjutannya »

Share

Menabung Sel Induk, Si Penyambung Nyawa

Wednesday, August 25th, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 2957 )

Menyimpan sel induk darah tali pusat, ibarat memiliki kunci cadangan. Siapa tahu kelak berguna.Â
Ketika berusia tiga tahun, Ryan Foo, lelaki kecil asal Singapura, divonis menderita kanker darah. Harapan hidupnya seakan terenggut tiba-tiba. Namun dokter menyarankan agar sang ibu hamil lagi, agar kelak saat adik Ryan lahir, tali pusatnya bisa digunakan untuk menyelamatkan hidup sang kakak. Ibu Ryan melakukan saran dokter, dan kini, Ryan sudah masuk sekolah dasar dan harapan hidupnya terbentang kembali.Â

…Baca Lanjutannya »

Share