Home » Artikel Anak » Bayi umur 0-2th

Bayi Happy, Dewasa Bahagia

Tuesday, September 20th, 2011 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 2365 , 1 today)

Perkembangan emosi yang stabil pada bayi sangat dibutuhkan supaya pertumbuhan dan perkembangan fisik serta psikisnya berlangsung optimal.

…Baca Lanjutannya »

Share

Seputar Masalah Kolik Pada Bayi

Tuesday, November 2nd, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 3662 , 1 today)

Bayi yang terus menangis dapat membuat orangtuanya tertekan. Adalah hal yang lumrah bila mereka merasa tidak menentu, frustrasi, tak berdaya, bersalah, depresi, lelah, jengkel dan marah. Kolik adalah menangis dan rewel berkepanjangan selama lebih dari 3 jam sehari. Bayi yang meminum ASI ataupun susu formula dapat mengalami kolik. Sekitar 30% bayi sehat pernah mengalami kolik. Kondisi ini biasanya terjadi antara minggu kedua dan keempat setelah lahir.

Bayi anda sehat tetapi mungkin mengalami kolik apabila dia :
- Jumlah waktu menangisnya lebih dari 3 jam sehari selama lebih dari 3 hari dalam 1 minggu.
- Terkadang menjerit-jerit dan tak dapat dihibur. Kondisi terparah biasanya terjadi pada sore menjelang malam hari.
- Melurus-luruskan atau menarik-narik kakinya, dan buang angin (kentut). Perutnya seperti membesar karena kembung.

…Baca Lanjutannya »

Share

Pentingnya Bayi Bersendawa Usai Menyusui

Sunday, September 19th, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 2814 , 1 today)

Menyusui bayi untuk pertama kalinya merupakan suatu pengalaman yang menyenangkan, seru atau menakutkan bagi seseorang yang baru menjadi orangtua. Tapi kenapa setelah menyusui bayi harus bersendawa?

Sendawa pada bayi merupakan suatu hal yang penting, karena dengan bersendawa bisa membantu mengeluarkan udara yang terikut masuk ke perut bayi saat menyusui. Jika bayi tidak bersendawa setelah menyusui maka udara yang masuk bisa menyebabkan bayi muntah, mudah tersedak dan pada beberapa bayi bisa menyebabkan kembung.

…Baca Lanjutannya »

Share

Tahap Perkembangan Bayi

Tuesday, June 15th, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 4529 , 1 today)

Bayi anda berkembang sepanjang waktu, dari hari ke hari, bulan demi bulan, semuanya berkembang dengan menabjubkan. Tidak ada patokan khusus untuk mengukur tumbuh kembangnya, akan tetapi dapat kita lihat petunjuk secara umum dari beberapa bayi, walaupun masing-masing bayi perkembangannya berbeda satu dengan yang lain.

…Baca Lanjutannya »

Share

Petunjuk Praktis Merawat 6 Bagian Tubuh Bayi

Monday, June 7th, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 6271 , 2 today)

Bayi mungil Anda tampak seperti makhluk lemah. Ia pasrah diperlakukan bagiamanapun. Sepenuhnya ia bergantung pada Anda. Termasuk ketika ia membutuhkan perawatan tubuh.

Merah, mata selalu terpejam dan tubuh tampak sedikit berbulu. Begitulah penampakan awal umumnya bayi baru lahir (newborn). Bentuk fisiknya belum sepenuhnya menyesuaikan diri dengan alam di luar kandungan. Ia masih membutuhkan perawatan Anda, sebagai orangtuanya. Memang terasa ‘mengerikan’ bila tiba saatnya harus mengurus—merawat tali pusat, melap tubuhnya, membersihkan kotoran, dan sebagainya—tubuhnya.

…Baca Lanjutannya »

Share

Bolehkah Bayi Diberi Obat Bebas

Friday, May 7th, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 4604 )

Kebanyakan orang tua tak berani memberikan obat bebas pada bayi. Padahal, boleh, kok, bayi diberi obat bebas. Namun dengan catatan, ia memang benar-benar membutuhkannya.

Bayi yang masih muda, tutur dr. Waldi Nurhamzah SpA, lazimnya amat jarang sakit bila ia lahir dalam keadaan sehat. “Daya tahan yang didapat dari ibunya semasa di kandungan, cukup buat mempertahankan dirinya dari gangguan kuman untuk beberapa bulan pertama, terlebih bila mendapatkan ASI.” Seperti diketahui, ASI merupakan obat bebas paling mujarab buat bayi muda. Jadi, si kecil masih belum perlu obat bebas. Sedangkan bayi yang agak besar, daya tahannya mulai menurun hingga mudah kena serang penyakit dari luar, terutama bila ia tak pernah diberikan ASI.

…Baca Lanjutannya »

Share

Bayi Jangan Cuma DiLap, Mandiin Dong!

Tuesday, April 20th, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 8382 , 6 today)

Sebagai ibu mustinya siap untuk merawat bayinya, salah satunya adalah dengan memandikan. Tidak perlu takut walaupun pusar belum puput, asal tidak di’apa-apain’. Selain itu memandikan juga dengan cara yang benar dan sehat. Beberapa ibu, karena takut ini malah hanya melap badan si bayi, yang tentu saja tidak bersih, dan bayipun merasa kurang nyaman.

Menurut dr. Ade Djanwardi Pasaribu, SpA dari RSIA yang sama, kebanyakan ibu tak berani memandikan bayi karena ia belum terlatih. Makanya, “Setelah melahirkan, sang ibu sebaiknya belajar pada suster di rumah sakit tentang bagaimana cara memandikan bayi dan minimal pernah sekali memandikannya,” anjur Ade pada kesempatan terpisah.

…Baca Lanjutannya »

Share

Aneka Diagnosa Pra Lahir

Friday, April 16th, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 3650 , 1 today)

Hamil bukan cuma memberi kebahagiaan tapi sekaligus menimbulkan rasa waswas. Ini muncul karena ibu khawatir akan kondisi janin yang dikandungnya. Untunglah kemajuan teknologi kedokteran saat ini mampu menjawabnya.

Seperti apakah kelak bayiku? Apakah ia perempuan atau lelaki? Apakah ia akan setampan ayahnya? Apakah ia akan memiliki bibir mungil seperti ibunya? Apakah ia akan gagah seperti kakeknya? Atau kelak ia malah seperti neneknya, yang bertubuh kecil?

…Baca Lanjutannya »

Share