Home » Artikel Anak » Pola Makan & Gizi

Kenali Keracunan Makanan

Thursday, September 30th, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 1995 )

Si kecil diare? Jangan-jangan ia keracunan makanan

Keracunan makanan perlu dicurigai bila anak sakit perut, diare, muntah, dapat disertai demam secara mendadak setelah 1-96 jam mengonsumsi makanan yang terkontaminasi. Apalagi bila gejala ini dialami beberapa anak atau bila si kecil sakit tanpa ada riwayat kontak dengan orang lain yang sakit sebelumnya.

…Baca Lanjutannya »

Share

Bakteri untuk Kesehatan Anak

Friday, April 16th, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 1834 , 1 today)

Bakteri yang jumlahnya bisa mencapai 400 jenis ini, secara sederhana, dikelompokkan menjadi bakteri baik dan bakteri jahat. Bakteri baik adalah bakteri yang bermanfaat bagi kesehatan, sedang bakteri yang menyebabkan penyakit disebut dengan bakteri jahat. 

Probiotik dan Manfaatnya

Bakteri jahat mengeluarkan racun yang dapat mengeluarkan enzim yang mendorong terbentuknya senyawa karsinogenik dalam saluran pencernaan. Jika jumlah bakteri jahat meningkat, risiko gangguan kesehatan juga meningkat. Bakteri jahat yang juga sering disebut bakteri patogen dapat mengeluarkan racun yang menyebabkan diare. 

…Baca Lanjutannya »

Share

Panduan Memberi Makan Bayi

Thursday, April 15th, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 11448 , 4 today)

6 – 8 Bulan

MAKANAN PADAT PERTAMA

Sulit dipercaya betapa cepat bayi anda berkembang. Ia berkembang secara dramatis dari bayi kecil yang anda bawa pulang beberapa bulan yang lalu, dan sekarang ia telah mulai mempelajari kepandaian baru setiap hari.

Antara usia 6 – 9 bulan, ASI (atau susu formula yang diperkaya zat besi) masih menjadi sumber nutrisi bagi bayi anda. Penting untuk diingat bahwa sebagian besar nutrisi yang diperlukan bayi anda tetap berasal dari sumber-sumber tersebut diatas, meskipun anda telah menambahkan makanan padat ke dalam menunya. ASI menyediakan nutrisi yang diperlukan bayi anda, seperti kalsium, zat besi, protein dan zinc – zat seng.

…Baca Lanjutannya »

Share

Diare Tiap Kali Minum Susu

Wednesday, January 20th, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 3331 , 1 today)

Bagaimana kalau anak diare tiap kali minum susu? Padahal susu adalah minuman yang kaya akan nutrisi penting.

Mencret tiap kali habis minum susu disebut juga intoleransi laktosa. Keadaan ini bisa terjadi pada bayi, anak-anak, bahkan orang dewasa sekalipun. Anak yang menderita intoleransi laktosa tidak tahan pada salah satu komponen susu yaitu laktosa (sejenis karbohidrat dalam susu) atau tubuhnya tidak bisa mencerna laktosa tersebut.

…Baca Lanjutannya »

Share

Proses UHT : Upaya Penyelamatan Gizi Pada Susu

Thursday, November 5th, 2009 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 3524 , 1 today)

Susu merupakan sumber gizi terbaik bagi mamalia yang baru dilahirkan. Susu disebut sebagai makanan yang hampir sempurna karena kandungan zat gizinya yang lengkap. Selain air, susu mengandung protein, karbohidrat, lemak, mineral, enzim-enzim, gas serta vitamin A, C dan D dalam jumlah memadai.

…Baca Lanjutannya »

Share