Home » Artikel Pra Hamil & Fertility » Kesulitan Hamil

Mau Hamil? Cobalah Lebih Rileks

Tuesday, September 20th, 2011 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 2991 )

Cobalah untuk rileks dan bebas dari stres! Itulah nasihat kuno yang sering diberikan kepada para wanita yang tengah mendambakan kehamilan.

Anjuran untuk menghindari stres memang kerap diberikan oleh teman maupun keluarga pada mereka yang menginginkan kehamilan. Kendati nasihat itu seringkali tak digubris, bahkan tak pernah dianjurkan oleh sebagian kalangan para ahli kebidanan maupun dokter.

…Baca Lanjutannya »

Share

“Jantan” Tak Selalu Berarti Bisa Punya Keturunan

Saturday, March 6th, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 5554 )

Pasangan suami-istri selalu mendambakan kehadiran anak. Masalahnya, tak semua pasangan bisa mendapatkannya dengan mudah karena terdapat gangguan. Apa yang mesti dilakukan?

Untuk menjadi hamil diperlukan dua orang, laki-laki dan perempuan karena kehamilan merupakan pertemuan antara bibit laki-laki (spermatozoa) dengan bibit perempuan (sel telur). Pertemuan keduanya dikenal dengan istilah pembuahan (konsepsi). Hanya saja, tak semua pertemuan itu menghasilkan pembuahan. Ada banyak syarat yang harus dipenuhi agar terjadi konsepsi.

…Baca Lanjutannya »

Share

Haid tidak Teratur, Kehamilan Sulit Didapat

Tuesday, February 2nd, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 9077 , 4 today)

Idealnya, siklus haid teratur setiap bulan dengan rentang waktu antara 21 sampai 35 hari setiap kali periode haid. Dengan siklus haid yang normal, secara fisiologis menggambarkan, organ reproduksi ibu cenderung sehat dan tak bermasalah. Sistem hormonalnya baik, ditunjukkan dengan sel telur yang terus diproduksi dan siklus haidnya teratur. Intinya, secara kasat mata ibu diyakini dalam kondisi sehat. Sehingga, dengan siklus normal ini, ibu akan lebih mudah mendapatkan kehamilan, menata rutinitas, menghitung masa subur, dan lainnya.Pada kenyataannya, tak semua perempuan memiliki siklus haid yang normal. Banyak di antara mereka yang siklus haidnya tidak teratur, yakni siklusnya tidak memiliki pola tertentu. Mungkin pada awalnya siklus haid lebih dari 35 hari, namun kemudian akan timbul perdarahan haid di luar siklus haid normal. Misal, siklusnya semula 35-40 hari tetapi bulan berikutnya bisa tidak haid selama 3 bulan. Di sisi lain, ada pula yang dalam sebulan bisa mengalami haid lebih dari sekali. Contoh, bulan ini haid terjadi tanggal 10, kemudian datang lagi pada tanggal 25 di bulan yang sama. Haid yang berlangsung kurang dari 21 hari dikategorikan siklus pendek.

…Baca Lanjutannya »

Share

Supaya Subur & Cepat Hamil

Wednesday, November 4th, 2009 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 8300 , 2 today)

Tak sedikit pasangan suami-istri yang harus menanti bertahun-tahun dengan beragam usaha untuk bisa punya anak. Itu pun belum tentu ada hasilnya. Apa saja sebetulnya penyebab ketidaksuburan? Apa yang sebaiknya dilakukan agar cepat dapat momongan?

…Baca Lanjutannya »

Share

Do’s dan Don’ts Buat yang Ingin Hamil

Tuesday, August 19th, 2008 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 4287 , 2 today)

Do’s
- Rutin berhubungan seks
Jika Anda secara konsisten berhubungan seks dua atau tiga kali seminggu, hampir pasti Anda akan berhubungan pada masa subur.

…Baca Lanjutannya »

Share

Infeksi Toksoplasma Membahayakan Kehamilan dan Janin

Thursday, July 10th, 2008 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 8745 )

Seorang wanita yang ingin hamil, dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan TORCH (toxoplasma, rubella, cytomegalovirus dan herpes), agar kehamilan yang terjadi tidak terkena infeksi yang dapat membahayakan janin. Salah satu infeksi yang bisa terjadi pada kehamilan, adalah toksoplasma.

…Baca Lanjutannya »

Share

Kenali Kelainan Bentuk Rahim

Friday, June 27th, 2008 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 14115 , 16 today)

Adakalanya, proses pembentukan rahim tidak berlangsung mulus. Maka, terjadilah beberapa kelainan bentuk rahim. Akibatnya sejumlah wanita mengalami masalah reproduksi.

…Baca Lanjutannya »

Share

Ingin Cepat Punya Momongan? Ikuti Cara Ini…

Wednesday, October 31st, 2007 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 8503 , 2 today)

Mencoba untuk punya momongan namun belum juga berhasil? Wah, mungkin ada yang salah.

Mungkin anda pernah mendengar banyak rumor yang beredar tentang kapan saat terbaik melakukan hubungan seks sesuai siklus wanita, berapa kali hubungan seksual dilakukan, posisi dan cara seksual dilakukan dan lain sebagainya hal-hal yang meningkatkan kemungkinan untuk dapat hamil. Benarkah? 

…Baca Lanjutannya »

Share