Home » 0 »

Kapankah Bayi Dapat Minum Air?

Friday, February 12th, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 1327 )

Jawaban atas pertanyaan ini adalah “ya”. Jawabannya juga “tidak”! Jawaban lengkapnya adalah seperti pada semua manusia, bayi perlu mengambil air untuk bertahan hidup.
Tapi dalam kenyataannya mereka tidak benar-benar perlu minum air, dokter anak menyarankan agar tidak memberikan bayi Anda air tawar atau air suling hingga dia berusia enam bulan. Bayi mendapatkan kebutuhan air mereka dengan minum ASI atau susu formula, yang keduanya sebagian besar merupakan air.

…Baca Lanjutannya »

Share

Penyebab Autisme

Thursday, February 11th, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 9569 )

Autisme berasal dari kata auto yang berarti sendiri. Mereka yang mengalami autisme seakan-akan hidup di dunianya sendiri. Perlu diketahui bahwa walaupun dulu autisme dinyatakan sebagai kelainan seumur hidup, pada saat ini ternyata diambil kesimpulan autisme masa kanak-kanak dapat dikoreksi.

…Baca Lanjutannya »

Share

Mengajak Bayi Bicara Itu Penting Lho!

Wednesday, February 10th, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 4625 , 1 today)

Ah, bagaimana mungkin? Bayi, kan, belum bisa berbicara. Jangan-jangan nanti dikira enggak waras. Mengapa penting mengajak bayi berbicara?

Jangan takut dianggap tak waras kala Anda mengajak si mungil berbicara. Bayi memang belum bisa berkata-kata, tapi tak berarti ia tak mampu untuk diajak berbicara.

…Baca Lanjutannya »

Share

Gairah Redup Pasca Melahirkan, Normalkah?

Monday, February 8th, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 6284 , 1 today)

Kelahiran bayi baru bukan hanya membahagiakan tapi juga melelahkan. Tak heran bila 20 persen ibu yang baru bersalin mengaku gairah seksnya jadi berkurang dan 21 persen lainnya bahkan kehilangan hasrat untuk bermesraan.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan redupnya gairah seks ini. Pertama adalah rasa kelelah setelah mengurus bayi seharian. Terutama pada minggu-minggu pertama kehadiran bayi. Pada masa ini biasanya bayi menuntut perhatian lebih dari orangtuanya, belum lagi bila ibu harus begadang untuk menyusui atau menggendong bayi.

…Baca Lanjutannya »

Share

Tips Mengajak Bicara Pada Bayi

Wednesday, February 3rd, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 5648 )

1. Jangan Gunakan Kata Ganti
Bayi kecil masih sulit memahami “aku”, “saya”, “kamu”, atau “dia”. Itu bisa berarti ayah, ibu, atau nenek, atau bahkan dirinya sendiri, tergantung dari siapa yang mengajaknya berbicara.

Jadi, sebut diri Anda sebagai “Ibu”, “Mama”, atau “Bunda”, tergantung sebutan yang Anda pakai untuk membahasakan diri Anda kepada si bayi. Begitupun sebutan “Ayah”, “Kakek”, “Nenek”, dan lainnya. Anda dan orang lain pun harus menyebut atau memanggil si bayi dengan namanya.

…Baca Lanjutannya »

Share

Haid tidak Teratur, Kehamilan Sulit Didapat

Tuesday, February 2nd, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 12462 )

Idealnya, siklus haid teratur setiap bulan dengan rentang waktu antara 21 sampai 35 hari setiap kali periode haid. Dengan siklus haid yang normal, secara fisiologis menggambarkan, organ reproduksi ibu cenderung sehat dan tak bermasalah. Sistem hormonalnya baik, ditunjukkan dengan sel telur yang terus diproduksi dan siklus haidnya teratur. Intinya, secara kasat mata ibu diyakini dalam kondisi sehat. Sehingga, dengan siklus normal ini, ibu akan lebih mudah mendapatkan kehamilan, menata rutinitas, menghitung masa subur, dan lainnya.Pada kenyataannya, tak semua perempuan memiliki siklus haid yang normal. Banyak di antara mereka yang siklus haidnya tidak teratur, yakni siklusnya tidak memiliki pola tertentu. Mungkin pada awalnya siklus haid lebih dari 35 hari, namun kemudian akan timbul perdarahan haid di luar siklus haid normal. Misal, siklusnya semula 35-40 hari tetapi bulan berikutnya bisa tidak haid selama 3 bulan. Di sisi lain, ada pula yang dalam sebulan bisa mengalami haid lebih dari sekali. Contoh, bulan ini haid terjadi tanggal 10, kemudian datang lagi pada tanggal 25 di bulan yang sama. Haid yang berlangsung kurang dari 21 hari dikategorikan siklus pendek.

…Baca Lanjutannya »

Share

Pengalaman perdana..full of happiness..

Tuesday, February 2nd, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 14185 , 1 today)

Dear hypno-mom’s..
Mau share pengalaman melahirkan kemarin.. Sesuai janji ke Mba Eva.. (Hi mbaa..Sambil lirak-lirik coel2,kedip2 mata) begitu sempat aku mau share di milis..

Pertama tau hypnobirthing dari sharing teman, posisi saat itu di surabaya..Aku beli buku “mongan method” & bukunya mba Eva.. Baca2,,cd blom aku sentuh sama sekali..saat itu kandungan udah 6bulan..
Usia kandungan 7bulan, aku balik ke jakarta.. Cari2 info.. Di rumah sakit bunda, ada class hypnobirthing.. Waiting list sekian bulan,, eh.. Pas dapet, karna info yg salah, aku gak ikut.. Cuz suami posisi lagi di surabaya..Coba tlp pro-v clinic.. Penuh juga..Pasrah deh.. Kayanya cuma bisa beradasarkan buku aja nii..

…Baca Lanjutannya »

Share

Lahir Prematur, Beragam Faktor Penyebabnya

Tuesday, February 2nd, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 9193 , 1 today)

1. FAKTOR IBU
Antroprometris: Bila postur ibunya kerdil (short stature) dapat mempengaruhi janin di rahimnya, yaitu tak bisa mengembang dengan sempurna.
Masalah Gizi: Semisal kurang gizi atau anemia pada ibu sehingga menyebabkan pertumbuhan janin terhambat. Pertumbuhan janin terhambat dalam waktu lama akan mempengaruhi kelahiran bayi sebelum waktunya.
Kondisi Servik Uteri: Yaitu leher rahim yang lemah. Misal, setiap bayinya berkembang besar, servik uteri ibunya ingin membuka terus, sehingga bayi terpaksa lahir.

…Baca Lanjutannya »

Share