Home » 0 »

Aneka Mitos Seputar Kehamilan

Monday, May 31st, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 11224 )

Biasanya begitu kita hamil, muncullah aneka “nasehat” yang berbau anjuran dan larangan. Tidak boleh ini, harus itu, dan sebagainya. Padahal, seringkali itu cuma mitos belaka.

“Wah, bayimu pasti perempuan. Soalnya, sejak hamil kamu jadi senang berdandan. Dulu mbakyumu juga begitu. Pokoknya, tebakan Ibu nggak pernah meleset, deh!” kata seorang wanita baya tentang calon cucunya.

Ternyata tebakannya memang benar. Yang lahir seorang bayi wanita mungil dan cantik. “Tuh, benar, kan, kata Nenek. Kamu memang sudah kelihatan perempuan sejak dalam kandungan ibumu,” tutur sang nenek bahagia sambil menggendong cucunya.

…Baca Lanjutannya »

Share

Hamil? Dilarang Stres

Monday, May 31st, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 4153 )

Waspadalah para ibu yang sedang hamil, jangan sampai Anda stres. Ternyata stres ketika hamil, dapat menimbulkan resiko serius karena menurunnya daya tahan tubuh bayi.

Stres pada ibu hamil
Seringkali para ibu dibuat stres oleh masalah keuangan, hubungan, dan masalah-masalah lainnya selama masa kehamilan. Menurut penelitian di AS, stres-stres tersebut harus dihindari oleh ibu hamil, karena dapat menyebabkan dampak yang berkepanjangan pada bayi yang akan dilahirkan.

Menurut Dr. Rosalind Wright dari Harvard Medical School di Boston, stres pada ibu, baik karena masalah finansial atau hubungan dapat berpengaruh pada pembangunan sistem kekebalan anak. Anak yang ibunya mengalami stres selama hamil, akan mudah terkena alergi dan asma.

…Baca Lanjutannya »

Share

Keajaiban Darah Tali Pusat

Tuesday, May 25th, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 14128 )

Darah tali pusat (umbilical cord blood ) bisa digunakan untuk terapi, karena mengandung stem cell (sel induk) yang mampu memproduksi sel-sel darah baru seperti sel darah merah, sel darah putih, dan keping darah. Stem cell juga mampu memperbaiki sistem kekebalan tubuh sampai menggantikan jaringan yang rusak.

Nina (25 ), ibu muda yang baru saja mengetahui dirinya hamil, duduk dengan gelisah di ruang praktik dokter. Hatinya mendua, di satu sisi dia bahagia akan menjadi calon ibu. Tapi, di sisi lain dia amat takut terhadap kemungkinan bayinya menderita kelainan. Penyakit kelainan darah turunan yang menimpa keluarga saudara kandungnya, telah memengaruhinya secara psikis.

…Baca Lanjutannya »

Share

Jenis Kelamin Bayi Tidak Tergantung Pada Posisi

Monday, May 24th, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 31059 )

Mau anak laki-laki, miringlah ke kanan saat berhubungan intim. Mau anak perempuan, miring ke kiri. Ah, itu, kan cuma mitos. Jadi, bagaimana yang benar?

“Anaknya berapa, Bu?” “Sudah dua.” “Wah, pas, dong, sesuai KB.” “Ah, tapi saya masih mau nambah. Soalnya anak saya laki-laki semua.”

Pameo anak laki-laki dan perempuan sama saja, rupanya masih belum berlaku mutlak. Kenyataannya, dalam sebuah keluarga masihlah belum lengkap jika semua anaknya lelaki atau perempuan. Keinginan untuk menambah anak dengan alasan demikian masih dapat kita jumpai di mana-mana. Dan bukan tidak mungkin keinginan menambah itu terus berulang karena jenis kelamin anak yang diharapkan tak muncul-muncul, kendati sudah beranak empat atau lima.

…Baca Lanjutannya »

Share

Bolehkah Bayi Diberi Obat Bebas

Friday, May 7th, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 8781 , 1 today)

Kebanyakan orang tua tak berani memberikan obat bebas pada bayi. Padahal, boleh, kok, bayi diberi obat bebas. Namun dengan catatan, ia memang benar-benar membutuhkannya.

Bayi yang masih muda, tutur dr. Waldi Nurhamzah SpA, lazimnya amat jarang sakit bila ia lahir dalam keadaan sehat. “Daya tahan yang didapat dari ibunya semasa di kandungan, cukup buat mempertahankan dirinya dari gangguan kuman untuk beberapa bulan pertama, terlebih bila mendapatkan ASI.” Seperti diketahui, ASI merupakan obat bebas paling mujarab buat bayi muda. Jadi, si kecil masih belum perlu obat bebas. Sedangkan bayi yang agak besar, daya tahannya mulai menurun hingga mudah kena serang penyakit dari luar, terutama bila ia tak pernah diberikan ASI.

…Baca Lanjutannya »

Share