Kondisi perkembangan janin mulai minggu ke 6

Dikirim oleh Evariny A. untuk Seputar Janin
dikunjungi: 122896 kali, 1 hari ini

Berikut ini kondisi dan gambaran perkembangan janin mulai dari minggu ke 6 :
 
Kehamilan 6 minggu ( 1.5 bulan)
Kondisi rahim telah membesar, namun masih sulit bagi dokter untuk memastikan kehamilannya. Pembesaran rahim yang kondisinya lebih besar dari janin yang di kandung, sebagai persiapan untuk perkembangan janin selanjutnya. Keadaan janin ditandai rongga mata yang telah terbentuk dan kepalanya menyerupai reptilia atau lebih besar dari calon tubuhnya dan mempunyai ekor. Tubuhnya sudah mulai ada benjolan-benjolan calon lengan dan kaki. Arinya lebih besar dan lebih berat dari janinnya. Panjang janin kurang lebih 1.25-2 cm.
 
Kehamilan 8 minggu (2 bulan)
Kondisi rahim makin membesar dan pada pemeriksaan pinggul dokter dapat memastikan kehamilan pada seorang ibu. Payudara menjai lembut dan calon ibu sering merasakan mual-mual. Hal ini dikarenakan adaptasi tubuh sang ibu terhadap hormon. Kondisi janin sudah menyerupai manusia, kepalanya lebih besar dari tubuhnya, benjolan calon lengan dan kaki  telah mulai membesar seperti lengan-lengan dan kaki-kaki kecil. Daun telinga mulai nampai. Bola matanya tertutup oleh kelopak mata, yang akan tetap menutup sampai minggu ke 24. Panjangnya janin kurang lebih 2.5 cm. Semua organ utama tubuh telah terbentuk. Jantung telah berdenyut, darah telah mengalir, ginjal mulai berfungsi dan selanjutnya perkembangan terjasi pada organ-organ tubun yang menjadi lebih besar dan kerja yang makin rumit.
 
Kehamilan 12 Minggu (3 bulan)
Kondisi rahim menonjol, di atas sendi tulang. Sang ibu kini yakin bahwa dirinya telah mengandung. Daya adaptasi ibu terhadap hormon mulai sesuai, sehingga rasa mual dan muntah-muntah mulai hilang. Kondisi janin menyerupai bayi kecil yang panjangnya kurang lebih 9 cm dan beratnya 14-30 gram. Tubuhnya makin besar, namun kepalanya masih lebih besar dari badannya. Tingkat penyempurnaan tubuh mulai nampak  pada jari-jari tangan dan kakinya kelihatan ada kuku yang mulai tumbuh. Pada saat ini dokter juga masih sulit mengenali jenis kelaminnya, walaupun alat kelamin bagian luar telah muncul. Raut muka mulai tampak lebih sempurna, Bayi sudah dapat menelan dan mulai menelan cairan ketuban yang merendamnya. Pada saat ini  bayi sudah mulai meneteskan kencing ke dalam kantong ketuban.
 
Kehamilan 16 minggu (4 bulan atau hari ke 120)
Kondisi perut sang ibu mulai nampak menggembung. Setelah janin di beri ruh oleh Allah SWT pada hari ke 120 (bulan ke empat), bayi mulai bergerak dalam kantong ketuban yang sering kali gerakan-gerakannya telah dapat di rasakan sang ibu. Kondisi panjangnya bayi kurang lebih 18 cm dan beratnya 100 gram.
 
Kehamilan 20 minggu (5 bulan)
Kondisi perut sang ibu telah mencapai pusar, sehingga kehamilan tampak jelas. Adapun keadaan bayi adalah : panjangnya 25 cm, beratnya 300 gram dengan bentuk menyerupai manusia. Keadaan kulitnya makin tebal dan dilapisi rambut-rambut halus (lanungo) di seluruh tubuhnya. Alisnya mulai tumbuh, namun kelopak matanya masih tertutup. Organ tubuhnya makin sempurna, tapi paru-parunya masih belum mampu menghadapi udara di luar rahim. Bayi sangat aktif bergerak di dalam kantong ketuban sehingga gerakan-gerakan halus bayi tersebut sesekali dapat dirasakan oleh sang ibu. Gerakan-gerakan tersebut kadang pula akan nampak di luar (kulit) perut ibu.
 
Kehamilan 24 minggu (6 bulan)
Kondisi perut ibu makin membesar , karena menyesuaikan dengan perkembangan bayi yang panjangnya 32 cm dan beratnya 650 gram. Warna kemerahan pada kulit makin berkurang dan tertutup  tambut-rambut halus (lanungo). Kelopak matanya telah terbelah, namun bola matanya masih tertutup selaput suram. Kondisi kepalanya kini telah kelihatan besar.
 
Kehamilan 28 minggu (7 bulan)
Kondisi perut ibu makin bertambah besar, menyesuaikan dengan perkembangan bayi yang panjangnya 38 cm dan beratnya 1000 gram. Badan janin masih kelihatan kurus, berwarna kemerah-merahan dan tertutup oleh lapisan pelindung semacam lemak yang biasa disebut vernix caseosa. Selaput tipis yang menutupinya matanya telah hilang, sehingga ia telah mampu membuka. Jika lahir pada saat ini bayi dapat bernafas ()dengan susah payah), dapat menangis (lemah), tetapi ia dapat menggerakkkan kakinya dengan kuat. Kelahiran bayi pada saat ini (belum waktunya) biasanya bayi tidak akan dapat bertahan lama, etapi dengan perawatan yang baik dan atas ijin Allah SWT ia akan dapat hidup.
 
Kehamilan 32 minggu (8 bulan)
kondisi rahim sang ibu lebih membesar lagi menyesuaikan kondisi panjangnya bayi yang 43 cm dengan berat 1800 gram. Paru-parunya telah berkembang dan bekerja dengan sempurna dan dapat  menopang hidupnya.
 
Kehamilan 36 minggu (9 bulan)
Kondisi rahim telah mencapai tuilang iga  bagian bawah yang menyebabkan rasa kurang nyaman bagi sang ibu. Panjang janin 46 cm dengan berat 2500 gram. Kenaikan 700 gram ini akibat dari tumbuhnya lemak pada kulit dan sekitar pundaknya. Tubuhnya kelihatan lebih montok dan keriput di mukannya hilang. Jika janin lahir paa saat ini maka kemungkinan untuk hidup 90% (Insya Allah).
 
Kehamilan 40 minggu(10 bulan)
Kelahiran telah sampai batas waktunya, tinggal menunggu saat kelahirannya. Ukuran bayi 50 cm dan berat 3.300 gram. Bayi laki-laki biasanya lebih berat 100 gram dari bayi perempuan. Berat bayi yang umunya di lahirkan oleh kebanyakan wanitapun berbeda-beda dari yang 2500 gram sampai 4.500 gram, bahkan kadang-kadang ada yang lebih. Kulitnya halus, bulu-bulu halus (lanungo) telah hilang, kepala telah ditumbuhi beberapa rambut, tulang kepala (tempurung) lebih kokoh dan lebih rapat, kecuali di bun-ubun dan puncak kepalanya yang telah serasi dengan besar tubuhnya. Telinga, hidung, alat kelamin, telah terbentuk dengan sempurna.

Kutipan dari buku : panduan lengkap, sejak dalam kandungan hingga merawat bayi karangan ma’ruf ma’sum , penerbit smart media

Share

Leave a Reply