Happy Babies begin with Happy Pregnancies

Dikirim oleh Evariny A. untuk HypnoBirthing®
dikunjungi: 5639 kali, 1 hari ini

Penelitian membuktikan bahwa kondisi psikologi dan emosi sangat berpengaruh kepada pertumbuhan janin dalam kandungan. Dari penelitian terbukti bahwa wanita hamil mengalami kecemasan akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang bayinya karena terjadi perubahan gen dalam tubuh.

Jika ibu dalam masa kehamilan merasa bahagia maka bayi yang dikandungnya akan tumbuh optimal dan pada akhirnya setelah mereka lahir kedunia ibu bisa memberikan ASI yang merupakan hak dari si bayi.

Dalam rangka hari ulang tahun yang ke-34, RS Bunda menggelar seminar Happy Babies Begin With Happy Pregnancies di Hotel Grand Flora Kemang pada hari Jumat, 16 Maret 2007 lalu.
Artis Moza Pramita dengan apik memandu acara yang dimulai dari jam 3 sore sampai 8.30 malam.

Kehamilan Sehat

Untuk ibu hamil, perlu mempertanyakan apakah kehamilannya sehat. Tenaga medis seperti bidan maupun dokter di rumah sakit dapat membantu anda mengetahuinya. Mereka dapat melakukan kontrol selama kehamilan, menyediakan konsultasi seputar kehamilan dan permasalahannya, mengevaluasi hasil diagnosa, pemeriksaan akan kelainan kongenital dan memberikan support bagi para calon orang tua.

Tumbuh kembang janin di dalam perut ibu hamil dipengaruhi oleh multifaktorial, genetik dan ras, nutrisi, lingkungan, gaya hidup ibu, kesehatan ibu, “ psychological bond” yang terjalin selama kehamilan.

Ibu hamil membutuhkan nutrisi yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin dan suplemen. Karbohidrat diperlukan ekstra 300 Kcal/hari terutama pada trimester ke-2 dan ke-3. Suplemen asam folat 400µg pada 12 minggu (trimester 1) agar terhindar dari risiko kecacatan pada bayi (baby defect).

Dr. Ivan R Sini, MD FRANZCOG GDRM SpOG mengatakan bahwa ibu hamil cenderung mengalami anemia. Oleh sebab itu, ibu hamil harus mencukupi kebutuhan besi harian sebesar 30 mg. Sebenarnya kebutuhan besi dapat tercukupi bila mengkonsumsi makanan seperti daging, kacangan, sayuran hijau dan telur.

Semua ibu hamil sebaiknya minum suplemen DHA (docosahexaenoic acid). Penelitian telah membuktikan bahwa nilai intelegensi yang lebih baik ditemukan pada anak yang diberi ASI dari ibu yang minum suplemen DHA selama kehamilan dan menyusui.

Ibu hamil sebaiknya menghindari merokok, alkohol dan obat-obatan rekreasi karena dapat menyebabkan permasalahan pertumbuhan janin. Lebih baik melakukan olahraga yang seimbang serta tidur yang cukup. Olahraga yang baik untuk ibu hamil adalah renang dan berjalan kaki.

Psychological bond artinya ikatan jiwa orangtua dengan bayi. Ikatan jiwa ini terbentuk melalui sentuhan, musik maupun neurostimulasi. “Sebaiknya jangan hanya ibunya saja yang berinteraksi tapi ayah juga. Lakukan hal-hal kecil seperti mencium perut ibu, mengelus-elus perut ibu, “ kata Dr. Ivan.

“Pregnancy is a wonderful dream and it can be a nightmare when things go wrong.” Kutipan tersebut perlu dimaknai sebagai kewaspadaan. Ketahui informasi seputar persalinan terutama mengenai metode persalinan dan cara mengatasi rasa sakit, sehingga dapat memilih metode yang terbaik.

Persalinan membutuhkan waktu 12-15 jam dan terdiri dari 5 fase. Fase pertama disebut juga fase laten dimana rasa mulas jarang. Fase selanjutnya adalah pembukaan leher rahim sebesar 4 cm. Pada fase ketiga pembukaan leher rahim sebesar 10 cm dan ditandai dengan munculnya kepala bayi. Fase ke-4, pembukaan leher rahim lengkap dimana bayi dapat keluar dan fase terakhir ari-ari bayi akan keluar.

Setelah persalinan, payudara ibu akan mengeluarkan air susu ibu (ASI) yang mengandung kolostrum. Kolostrum merupakan sumber antibodi utama untuk bayi baru lahir. “Sebenarnya tidak ada persiapan khusus untuk laktasi,” ujar Dr. Ivan yang berpraktek di RSIA Bunda.

Persiapkan ibu untuk laktasi dengan membiarkan puting terpapar dengan udara untuk beberapa saat setiap hari. Jangan oleskan alkohol, betadine atau sejenisnya karena akan membuat puting iritasi, pecah-pecah dan sakit. Sebaiknya puting jangan disabuni kalau mandi.

What A Baby Wants

Metode melahirkan di dalam air (waterbirth) bukan berita baru dalam dunia persalinan. Sebenarnya metode ini sudah digunakan sejak tahun 1960an. Persalinan di dalam air adalah persalinan normal hanya saja dilakukan dalam kondisi ibu berendam (dari dada ke bawah) di dalam bak air.

Untuk melakukan persalinan ini dibutuhkan bath up atau kolam kecil berisi air dengan suhu yang dijaga seperti suhu tubuh yaitu 37°C. Hanya saja biayanya tidak semurah persalinan normal tanpa air meskipun tidak semahal operasi caesar.

Di Ubud, Bali, pelayanan waterbirth diberikan secara gratis oleh Yayasan Bumi Sehat (YBS). YBS merupakan organisasi non profit yang terdiri dari keluarga, guru, istri, dokter, perawat dan orang yang peduli dari berbagai negara. YBS mengadvokasi hak-hak reproduksi para ibu yang berpenghasilan rendah dan terlantar.

Tokoh utama pendirian YBS adalah Ibu Robin Lim. Perempuan dengan 7 anak ini berasal dari Hawai, Amerika. Ibu Robin Lim memiliki sertifikasi bidan yang merasa terpanggil untuk membantu ibu yang kurang mampu.

Di Bali, YBS meraih standar tinggi kesehatan ibu dan anak melalui prenatal sensitif budaya, postpartum, pelayanan melahirkan dan mendukung breast feeding. YBS sudah menolong proses melahirkan 400 ibu yang akhirnya para ibu tersebut 100% menyusui ASI. YBS cukup terkenal sampai-sampai orang dari Jepang datang ke Bali hanya untuk melahirkan secara waterbirth di YBS.

Keuntungan water birth:

Mengurangi rasa sakit secara signifikan sampai sekitar 80%.
Menurunkan kemungkinan vagina robek atau dilakukan episiotomi (pengguntingan sekitar vagina untuk mempermudahkan persalinan).
Diperkirakan karena terendam dalam air otot-otot yangbekerja selama kehamilan akan lebih rileks sehingga persalinan lancar.

Dalam kesempatan ini, diputar video ibu yang melahirkan dengan metode waterbirth di YBS. Ibu Robin menambahkan bahwa ibu tersebut melahirkan bayi dengan 4 kg tanpa mengalami perobekan vagina. Tertarik?coba kunjungi situs resminya: www.bumisehatbali.org atau www.robinlimsupport.org

Asi dan Menyusu adalah Hak Bayi

Dr. I Gusti Ayu Partiwi S yang lebih akrab disapa Dr. Tiwi ini menceritakan apa yang melatarbelakangi tema seminar ini. Setelah mendengar tentang YBS, beberapa dokter dari RS Bunda pun pergi ke Bali. Mereka melihat bayi-bayi di sana terlihat bahagia, para ibunya pun bahagia. Oleh sebab itu, pihak RS Bunda ingin membaginya dengan para ibu dan calon ibu di Jakarta.

Dr. Tiwi menyarankan agar para ibu melakukan stimulasi terhadap bayi sejak masih di dalam kandungan. Stimulasi janin yang disebut dengan vibroakustik pada usia kehamilan 29 minggu dapat meningkatkan detak jantung janin dan gerakan.

“Jangan menganggap bayi tidak mengetahui apa-apa,” ujar Dr. Tiwi. Janin bayi dapat mendengar suara ibu dan bapak serta lingkungan di sekitarnya. Bahkan sifat ibu dapat tertransfer kepada bayi.

ASI dan Menyusu adalah hak bayi. Menurut dokter yang aktif menyerukan pentingnya ASI eksklusif ini, ASI adalah satu-satunya nutrisi terbaik karena mengandung laktosa, DHA, Fe, Imunoglobulin A (kekebalan tubuh), dll yang memang diperlukan oleh bayi.

Lipase adalah enzim yang terkandung dalam ASI. Enzim ini bekerja untuk mencerna DHA sehingga bisa digunakan untuk perkembangan otak bayi. Dr. Tiwi menyayangkan para ibu yang hanya memberikan susu formula kepada bayinya. Sebanyak apa pun kandungan DHA dalam susu formula tersebut kalau tidak bisa dicerna akan langsung dibuang, tambah Dr. Tiwi.

Banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan memberikan ASI (asuh) kepada bayi. Ikatan jiwa akan terbentuk antara ibu dengan bayi selama menyusui. Sambil menyusui, berikan kasih sayang, perhatian, penghargaan (asih). Selain itu, lakukan stimulasi bicara, gerak, bermain, sosial, moral, kognitif/kecerdasan (asuh).

Menyusui juga membangun Multiple Intelegence dengan melakukan stimulasi dini. Semua orang tua pasti ingin memiliki anak yang pintar. Caranya dengan menstimulasi semua aspek sensorik (pancaindera). Prinsip stimulasi terintegrasi dalam aktivitas sehari-hari yang dilakukan dalam keluarga.

Dr. Tiwi mengungkapkan bahwa tidak mungkin ibu tidak bisa menyusui. Asal ibu mau dan ikhlas pasti bisa. Dr. Tiwi mengambil contoh para ibu yang melahirkan di bawah asuhan Ibu Robin Lim yang 100% bisa menyusui.

Di samping itu, dukungan suami terhadap istri, baik itu saat masih hamil maupun setelah melahirkan sangat minim. Para suami kerap merasa telah cukup mengantar istrinya periksa ke dokter. Padahal dukungan suami sangat membantu para istri untuk menyusui anaknya.

Penyembuhan Holistik untuk Ibu Hamil,Melahirkan dan Menyusui

Ibu hamil kerap didera depresi karena ketakutan akan proses kehamilan dan persalinan yang sering dianggap sebagai momok yang mengerikan. Padahal dasar kesehatan manusia diawali sejak dalam kandungan. Selain nutrisi, janin juga memerlukan getaran ketenangan dan kedamaian.

Reza Gunawan, seorang praktisi penyembuhan holistik, mengajarkan metode relaksasi yang dapat membantu menenangkan ibu hamil. Istilah yang digunakan adalah keselarasan hati yang terdiri dari 3 tahap:

Heart Focus: letakkan perhatian dan kesadaran di jantung anda.
Heart Breathing: bernapas dengan lembut dan teratur ke dalam jantung.
Heart Feeling: izinkan diri anda untuk merasakan sepenuhnya apapun perasaan jantung anda di sini dan saat ini.

Metode keselarasan hati ini dapat dilatih kapan saja. Reza menyarankan agar keselarasan hati dipraktekkan minimal 5 kali sehari.

Manfaatnya pun banyak, ungkap Reza. Bisa mencegah stres dan menyeimbangkan emosi, melepaskan beban cemas dan gelisah agar rileks, beristirahat. Tidak hanya untuk ibu hamil, manfaatnya juga dapat dirasakan oleh siapa pun.

Saat ini, ibu hamil kebanyakan pekerja yang mengalami stres di kantor, di jalan bahkan di rumah. Lebih jauh lagi, keselarasan hati dapat dipraktekkan dalam bentuk relaksasi dan hypnobirthing yang merupakan upaya untuk meningkatkan ketenangan selama kehamilan, proses melahirkan dan masa nifas.

Relaksasi kehamilan akan membantu ibu hamil untuk mencapai kondisi yang senantiasa rileks dan tenang, dimana efek dari kondisi ini akan berpengaruh pada ibu hamil dan lingkungannya hingga proses persalinan. Pertumbuhan janin lebih sehat karena keadaan tenang akan memberikan hormon-hormon yang seimbang ke janin lewat plasenta.

Hamil berkat metode akupuntur

Hamil membawa rezeki. Mungkin hal itu dirasakan oleh artis Maudy Koesnadi. Artis cantik bersuamikan Erik Mejer ini kerap dijadikan pembicara di berbagai seminar untuk sharing mengenai kehamilannya.

Dalam seminar ini pun, Maudy memberikan testimony mengenai kehamilan yang sudah ditunggunya selama 5 tahun. Berbagai cara pun telah ditempuhnya, sampai akhirnya mencoba metode akupuntur.

Kemudian kehamilan yang datangnya tidak disangka-sangka ini datang. Maudy pun belajar ilmu ikhlas melalui relaksasi dengan Reza Gunawan. Hasil positifnya Maudy mengaku tidak pernah mengalami mual selama kehamilan yang sudah berjalan 37 minggu.

Melalui relaksasi, Maudy belajar bahwa hidup itu tidak bisa selalu positif dan bahagia serta tidak ada cobaan. Sebaliknya jangan menjadikan masalah bertambah berat. Kalau bisa jangan sampai ada masalah yang terpendam.

Berkomunikasilah dengan sang bayi. Hal ini akan menstimulasi perkembangan janin di dalam kandungan. Di samping itu akan membantu ibu tetap tenang. Hal ini juga dikuatkan oleh testimony Andi Maerzyda, seorang ibu yang mempraktekkan hypnobirthing.

Memang, sekarang banyak pasangan yang sulit untuk hamil padahal sudah lama menikah. Ibu Robin Lim dalam wawancara langsung berbagi tips agar bisa hamil. Baik istri maupun suami untuk minum vitamin E sebanyak 400 UI sehari. Hindari makanan yang mengandung penyedap rasa (MSG). Banyaklah minum air bersih setiap hari dan jangan menggunakan celana ketat. Cara lain yang bisa dicoba adalah minum obat cina ataupun metode akupuntur. Silakan mencoba.

sumber : medicastore

Share

Leave a Reply