HypnoBirthing, Teknik Melahirkan Minus Rasa Takut

Dikirim oleh Evariny A. untuk HypnoBirthing®
dikunjungi: 48975 kali, 2 hari ini

Melahirkan dengan cara terapi hipnotis? Kenapa nggak? Konon melahirkan dengan teknik ini banyak memberi manfaat bagi calon ibu, antara lain rasa nyaman, berkurangnya rasa sakit (bahkan ada yang tidak merasakan sakit sama sekali) hingga rasa bahagia. Wah, jadi penasaran…

HypnoBirthing merupakan sebuah paradigma baru dalam pengajaran melahirkan secara alami. Teknik ini mudah dipelajari, melibatkan relaksasi yang mendalam, pola pernapasan lambat dan petunjuk cara melepaskan endorfin dari dalam tubuh (relaksan alami tubuh) yang memungkinkan calon ibu menikmati proses kelahiran yang aman, lembut, cepat dan tanpa proses pembedahan.

HypnoBirthing dicetuskan berdasarkan buku yang ditulis oleh pakar ginekologi Dr. Grantly Dick-Read, yang memublikasikan buku Childbirth Without Fear pada 1944. Terapi HypnoBirthing selanjutnya dikembangkan oleh Marie Mongan, pendiri HypnoBirthing Institute.

Terapi ini mengajarkan para ibu untuk memahami dan melepaskan Fear-Tension-Pain Syndrome yang seringkali menjadi penyebab kesakitan dan ketidaknyamanan selama proses kelahiran.

Saat kita merasa takut, tubuh mengalihkan darah dan oksigen dari organ pertahanan non esensial menuju kelompok otot besar di wilayah kaki dan tangan. Akibatnya, area wajah ‘ditinggalkan’, makanya ada ungkapan “pucat karena ketakutan”. Dalam situasi yang menakutkan, tubuh mempertimbangkan bahwa uterus atau rahim dipandang sebagai organ ‘tidak penting’ . Menurut Dr. Dick-Read, rahim pada perempuan yang ketakutan secara kasat mata memang tampak putih. Wah.

HypnoBirthing mengeksplorasi mitos bahwa memang rasa sakit adalah hal yang wajar dan dibutuhkan saat melahirkan normal. Saat perempuan yang melahirkan terbebas dari rasa takut, otot-otot di tubuhnya termasuk otot rahim akan mengalami relaksasi, yang akan membuahkan proses kelahiran yang lebih mudah dan bebas stres.

Dalam beberapa kasus, tahapan proses kelahiran juga menjadi lebih pendek, mengurangi kelelahan selama perjuangan melahirkan bayi dan ibu akan tetap segar, penuh energi setelah melahirkan.

“Bisa dikatakan HypnoBirthing membuat Anda melahirkan bebas dari rasa takut, tidak bebas dari rasa sakit, meskipun beberapa perempuan mengalami proses melahirkan tanpa rasa sakit sama sekali,” ujar Mongan. “Mengurangi ketakutan akan membuat tubuh ibu bekerja seperti yang seharusnya.”

Memelajari sevuah bahasa baru melahirkan merupakan kesatuan dalam pelatihan HypnoBirthing. Misalnya, ketimbang fokus pada kontraksi, seorang ibu yang mendalami HypnoBirthing mengalami sebuah ‘gelora’. Saat alam bawah sadar ibu menerima kata ‘gelora’, tubuhnya menciptakan jawaban fisiologis seketika, sebuah respon yang amat berbeda dari kata ‘kontraksi’.

Dengan memahami betapa efektifnya jawaban tubuh terhadap proses melahirkan yang lebih lembut, seorang ibu HypnoBirthing memiliki keahlian secara lisan dan visual mengenai kemampuan alaminya dalam mengikuti cara alami ideal melahirkan.

Secara cepat ibu akan belajar mempercayai insting melahirkan pada tubuhnya, bahwa tubuhnya diciptakan untuk bekerja dalam irama yang selaras saat mengeluarkan bayi ke dunia.

“Ada perbedaan besar antara HypnoBirthing dan kelas pendidikan melahirkan lainnya, dan ini bukanlah hanya potongan hipnotis. HypnoBirthing lebih menekankan melahirkan dengan cara positif, lembut, aman dan bagaimana mencapainya denganmudah,” ujar Mongan.

Pada 1958, the American Medical Association menyetujui terapi dengan menggunakan hipnotis, meski sejuah ini terapi hipnotis yang dipakai untuk memudahkan proses kelahiran bayi belum banyak diketahui publik.

sumber : hanyawanita.com

Share

6 Responses to “HypnoBirthing, Teknik Melahirkan Minus Rasa Takut”

  1. HypnoBirthing, Teknik Melahirkan Minus Rasa Takut - HypnoBirthing, Teknik Melahirkan Minus Rasa Takut - HypnoBirthing, Teknik Melahirkan Minus Rasa Takut - HypnoBirthing, Teknik Melahirkan Minus Rasa Takut | Asuhan Keperawatan Says:

    [...] HypnoBirthing, Teknik Melahirkan Minus Rasa Takut [...]

  2. mai Says:

    gmn caranya y bisa menguasai ilmu ini,,,?
    apkh da pelatihan khusus untuk ini..?

  3. mai Says:

    dmn saya bisa ngikuti pelatihannya y,,,?

  4. akmal Says:

    bagaimanakah cara melakukan hypno birthing, apakah saat itu sedang melahirkan atau sebelum melahirkan ??

  5. Hypnobirthing Untuk Mengurangi Rasa Takut Ibu Hamil - IbuHamil.com Says:

    [...] ibu hamil yang ingin sharing atau mengetahui info soal kehamilan, bisa kunjungi dan like page ini. Sumber 1 Sumber 2 document.write(' '); document.write(''); document.write(''); document.write(''); [...]

  6. Hypnobirthing Untuk Mengurangi Rasa Takut Ibu Hamil | Fresh News Today Says:

    [...] Sumber 1 Sumber 2 Posts Related to Hypnobirthing Untuk Mengurangi Rasa Takut Ibu Hamil Tipe Wanita Yang Dihindari LelakiLELAKI terkadang memiliki segudang alasan untuk tak tertarik pada wanita. Dan menurut survei, ada beberapa tipe wanita yang membuat lelaki tak berani mendekat. Dalam sebuah … Pulau Hantu 3 (2012) DVDRip 400MB GanoolPULAU Madara dibuka kembali, kini punya pemilik baru. Serangkaian kematian misterius telah terlupakan. Pulau Madara menjadi resor yang makin eksotis dan menjadi tujuan wisata anak … Ternyata !!! Manfaat Berjemur Dapat Menurunkan Risiko Kanker PayudaraQuote: Banyaknya informasi yang menyebutkan bahaya paparan langsung sinar matahari bagi kulit membuat orang-orang takut berjemur. Tapi siapa sangka kalau berjemur selama tiga jam memiliki … MIT Kembangkan Robot Bongkar Pasang MandiriRobot-robot mungil seukuran kerikil ini mampu menggabungkan diri menjadi alat tertentu dan memisahkan diri sesudahnya. Semua dilakukan secara mandiri sesuai program yang mengendalikannya. Tim dari … 8 Makanan Terbaik untuk Mengurangi KolesterolJumlah kolesterol dalam darah yang melebihi 200 menjadi momok bagi setiap orang di masa tua. Padahal, pengidap kolesterol tinggi tidak hanya orang-orang yang berusia 40 … Tags: anak, cara, Grantly Dick Read, Marie Mongan Filed under: Lounge | Tagged as: anak, cara, Grantly Dick Read, Marie Mongan [...]

Leave a Reply