Beraneka ragam rasanya, panik karena flek

Dikirim oleh Eva Huriyati untuk Kelahiran Normal

Aku menikah 14 Jan’06, aku sempet kosong 3 bulan gitu…,percaya gak percaya nih waktu itu sebelum hamil suamiku bikinin bubur kacang Ijo utkku (krn emang dia pgn cepet aku hamil) terus air rebusannya di minumin ke aku  ( kacang Ijo nya baru akan merekah gitu tuh, ambil deh airnya setengah gelas aja cukup kok), itu resep dari tukang jamu di tempatku loohh …ktnya biar cepet punya momongan.

Aku pertaman kali cek ke dktr 26 april’06, wktu itu cuma niat periksa sekitar rahimku saja takutnya ada penyakit ato hal2 aneh yang aku rasain setelah menikah,yakni perut bawahku sering bgt nyeri selama 1 bln terakhir. Ketika di periksa dan di USG dokter tidak mencurigai adanya kelainan Cuma ada titik hitam gitu dan katanya ini sih tanda2 kehamilan muda, trus aku masih kurang percaya gitu soale baru juga 10 hari yang lalu aku test pack tapi hasilnya negatip tuh, trus aku ditanya kapn mens terakhir, aku jawab 23 maret’06 dkter nawarin aku tuk tes pack lagi eh ternyata hasilnya emang positip,sempet gemeteran jg sih tapi yes!!aku hamil deeeh:) dan ternyata nyeri yang aku alamai itu satu tanda kehamilan jg jadi aku hrs waspada n hati2 gitu looohh, (oia nyeri tsb sampai usai hamilku menginjak 9 bln loohh,tp after melahirkan alhamdulillah udah ngak lagi)

Gak ada hal2 yang aneh yang aku alami selama hamil, mualnya juga masih bisa di tahan n kalo maaf ya ( muntah) bisa di hitung jari bo Cuma 3 x kali aja selama hamil,aku juga gak ngidam apa2 semua makanan masukkk…kecuali bakso (pdhl ini favoritku loh) . Karena aku doyan bgt makan/ngemil bb ku naek 25 kg bo, gile gede bgt deh gw, dari 49/50kg – 75kg.oia minuman favoritku selama hamil the botol , 1 hari aku kdg suka abisin 4-5 botol gitu deehh..:)

3 hari sblm melahirkan aku mengeluarkan darah/flek2 gitu, panik bgt krn tanya ama sdr2ku belum pernah mengalami seperti itu, paling2 keluar ketuban dulu or mules2 gitu,sampe aku bingung ketuban itu kayak apa ya?terus mulesnya bagaimana ya?pertanyaan yg akhirnya menemukan jawabannya sendiri dan aku jd tau  tiap orang beda2 jalannya dr tipe rahim ampe proses lahir itu sendiri.

walnya prediksi doktr aku melahirkan 25 des 06 .tapi tgl 17 des 06 minggu sore aku mulai keluar flek2 gitu awalnya panic cuma kt org rumah nunggu mules ajah, tapi krn trus keluar fleknya aku jadi panik jg mlm pun aku gak bisa tdr , akhirnya aku putuskan tuk cek ke dokter seninnya tgl 18 des, pas di ctg masih belum ada tanda2 kontraksi trus pas di cek dktr posisi janinku belum sepenuhnya masuk panggul masih seperempat lagi n aku di sarankan banyakin jalan-jalan. besoknya hari selasa suamiku ngajak jalan2 ke satu komplek perumahan, lumayan capek  tapi manjur juga, malamnya aku langsung mules2 krn mulesnya mulai teratur hari Rabu 20 Des jam 04pagi pergi Rumah sakit, tapi ternyata setelah di ctg dan di periksa aku masih bukaan 1, karna mulesnya emang rutin aku jg gak boleh pulang.

Waktu terus berlalu mulesnya lumayan berasa tapi ampe sore jam 4 aku masih bukaan 4 ,jam 8 mlm aku jg msh bukaan 4, aku mulai nangis2 stress euy krn liat darah yang keluar juga semakin bnyak , tapi ada lucunya jg sih selain suami, sdr n temen2ku jg pada nungguin aku n slalu becandain, ngeledekin aku cengenglah tetep rakuslah coz giliran makan aku tetep semangat  abisin tuh makanan bis menunya enak sih, bayangkan dari pagi buta ampe jam 8mlm aku masih bukaan 4 tambah menjadilah tangisanku akhirnya semuanya pada tegang krn aku minta suster tuk panggil dokter n segera ceaser aja , untung susternya baek2 banget lembut n cantik2 pula aku di beri pengertian sedetail detailnya dan gak lupa kesabaran n senyumnya selalu di kembangkan utk mengobati kesakitanku, tapi saat itu semunya gak berati bagiku.

Semakin stress aja aku rupanya udah bukaan 7 saat di cek jam11mlm, aku lsng dibw ke ruang bersalin, Lega tambah tegang plus tambah luar biasa deh perasaanku membayangkan pasti tambah sakit dan lama , saat dokter datang, meriksa n ngeledekin siapa hayo yang tadi merengek2 minta di cesar?coba td ada saya lansung saya cesar deh biar tambah sakit,justru kalo melahirkan normal  yang dicari itu mulesnya kalo gak mules ya gak lahir2 bu…

sayangnya sampai jam 3 pg aku bukaan nya gak nambah2 , n dkter memutuskan utk induksi aja ( krn aku rewel n teriak2 terus), tapi aku salut sama suster dan dokter yang menanganinya sedikitpun gak ada nada capek n terus sabar n susternya banyak senyum menghadapiku dan selalu berbisik  ibu simpan tenaga nya utk persalinan nanti, tapi aku cuek bebek dan tau donk gimana rasanya di induksi, wah seperti makan bakso pake sambel yang banyak deehh…( kapok, tapi Cuma saat itu aja looh),saat jam 4 lewat 10  tiba2 aku merasakan ada yang mau meledak dan bener aja ada yang muncrat dan meledak kaya balon isi air tumpah( bener ga si perumpamaannya?), aku dan suamiku kaget n lansung teriak memanggil suster dokter dan seketika itu aja mules n rasa nyeriku  hilang, berganti dengan mules enak (seperti mau maaf bab), eh ternyata td itu ketubannya pecah ( maklum belum tau) ;

jam stgh 5 pg persalinan di mulai, akhirnya …Essyanda ku lahir kamis pagi jam 04.45 WIB tgl 21 Desember 06, BB 3,1 Kg PB 48cm, sempurna cantik Alhamdulillah, ternyata kalo udah waktunya bayi ngajak keluar gak lama yah ? Gak sakit n  gak berasa pedes seperti dugaanku, cuma 10 menit beres semua sumpeh aku aja gak percaya kalo anakku lahirnya begitu cepat, dugaan persalinanku pasti lama seiring dgn pembukaanku yang lama pula.Susterku aja berujar wah hebat nih bu tenaganya luar biasa dari pagi ampe ketemu pagi lagi masih kuat dan semangat bgt mengejannya pdhal seharian ibu kerjaannya teriak2 mulu….:)) ,saat di jahit ama dokterpun sudah bukan hal yang menakutkan, rileks dan malah menyenangkan looohh,duuh aku jadi malu banget kalo inget yang sebelumnya aku tuh berasa cengeng n cemen banget deh.
( ada hal yang bergelitik di hatiku saat anakku baru aja nongol dokterku langsung berujar tuh kan bu bener masih cewek anaknya wah cantik pula, terus terang aku emang masih berharap cowok,sewktu usg terakir aku juga sempet  bertanya dokter mungkin cowo gak? )  tapi aku bersyukuuur banget baik cowok ataupun cewek semuanya tidak mudah mendapatkannya, merupakan hadiah terindah dan harta termahal serta kado tercantik dari ALLAH SWT utk kita, terimkasih ya Allah atas segala nikmat yang tiada henti aku rasakan, menjadi Ibu dambaan semua wanita dan aku masih di percaya utk dititipkan amanahMu,ampuni aku jika pernah terlontar kt “aduh kapok deh” ;  krn Bapak mengatakan pdku wanita melahirkan pahalanya sama dgn lelaki yang perang/ jihad di jalan Allah …

khirnya untain rasa aku sampaikan kepada :
suamiku tercinta yang telah mendampingiku aku dari awal ampe akhir meski selalu di  cakarin dan dijambakin   🙂

Dokter yang menanganiku dari aku hamil hingga bersalin ( dr.AKam Pertamawan ,SPog) dan suster2ku yang cantik n  baik yg sudah menjagaku dng kesabaran dan kelembutannya ( terutama mba Fitri ), serta pihak Rumah Sakit Krakatau Medika, cilegon
Sdr2 dan Temen2aku yang udah meramaikan dan menyaksikan indah nya awalnya persalinanku. ( karena yang menemani semuanya belum ada yang berpengalaman melahirkan , still single)

Termulia Orang Tua n mertuaku yang tak letih berdoa utk ku ( terlebih kpd sang nyanyian rinduku alm.ibu yang telah berpulang ke Rahmatulloh semenjak aku umur 4thn, I love u  mom)
Rasa kpd hatiku sendiri kelak jika Essyandaku 2 thn berkeinginan memberikan adik lagi,,:)
Wooowww….nikmat banget deh punya anak……

yang terbahagiakan lahir bathin-eva-

Leave a Reply