Inisiasi Menyusu Dini

Dikirim oleh Evariny A. untuk Inisiasi Menyusui Dini

Masih sangat banyak kematian bayi setelah lahir. salah satu penyebabnya karena bayi tidak segera menyusu setelah dilahirkan. seperti dilansir majalah Pediatrics, 30 Maret 2006, pada penetian di Ghana terhadap 10.947 bayi lahir antara Juli 2003 and Juni 2004 dan disusui. Ternyata, bila bayi dapat menyusu 1 jam pertama dapat menyelamatkan 22% bayi, dan apabila menyusu pada hari pertama akan menyelamatkan 16% bayi. Jadi, kematian bayi meningkat secara bermakna setiap permulaan menyusu ditangguhkan.

KENAPA KONTAK KULIT DAN MENYUSU DINI SANGAT PENTINNG?

1. Kehangatan dada ibu dapat menghangatkan bayi, sehingga apabila bayi diletakan di dada ibunya segera setelah melahirkan dapat menurunkan resiko Hypothermia dan menurunkan kematian akibat kedinginan.

2. Getaran cinta, andaikan anda dipeluk oleh suami anda akan merasakan ketenangan, merasa dilindungi dan kuat secara psikis. begitu juga dengan bayi, saat bayi diletakan di dada ibu, bayi akan lebih tenang dan mengurangi stress, maka pernafasan dan detak jantungnya pun lebih stabil.

3. Bayi tercemar lebih dahulu bakteri ibu yang TIDAK BERBAHAYA atau ada antinya di ASI ibu. sehingga Bakteri baik membuat koloni di usu dan kulit bayi dan dapat menyaingi bakteri yang lebih ganas di lingkungan luar.

4. Tidak ada yang meragukan kolostrum, cairan emas yang kaya akan antibodi dan at penting untuk pertumbuhan usus dan ketahanan terhadap infeksi yang sangat dibutuhkan bayi demi kelangsungan hidupnya. saat bayi dapat menyusu segera setelah lahir, maka dia akan mendapatkan kolostrum itu, dan tidak tergantikan formula lain. karena ternyata ada beberapa ibu yang memberikan susu formula setelah melahirkan, ini akan menggantikan cairan emas itu yang sangat dibutuhkan bayi.

5. Pemberian makanan Awal selain ASI (susu hewan) yang mengandung bukan protein susu manusia dapat sangat mengganggu pertumbuhan fungsi usus.

6. Bayi yang diberikan kesempata menusu dini akan mempunyai kesempatan lebih berhasil menyusu eksklusif dan mempertahankan menyusu dari pada yang menunda menyusu dini.

7. Lalu, sentuhan, kuluman/emutan dan jilatan bayi pada puting ibu akan merangsang Oksitosin yang penting agar :
a. Menyebabkan rahim kontraksi yang membantu pengeluaran plasenta dan mengurangi pendarahan.
b. Merangsang hormon lain, yang membuat ibu menjadi tenang, rileks dan mencintai bayinya.
c. Merangsang pengaliran ASI dari payudara.

8. Ibu dan ayah akan sangat bahagia bertemu dengan bayinya pertama kali seperti ini. bagi seorang muslim bahkan dapat meng-Adzankan sang buah hati di dada ibunya, satu keluarga yang harmonis sekali, dimana ayah, ibu dan anak bersatu dalam satu rasa, yaitu cinta. 

Sumber : Sentra Laktasi Indonesia

Leave a Reply