1001 Gangguan Kehamilan dan Solusinya

Dikirim oleh Evariny A. untuk Seputar Kehamilan
dikunjungi: 5849 kali, 1 hari ini

Hamil itu anugerah bagi setiap perempuan. Sayangnya, tak semua perempuan beruntung menjalani proses kehamilan mulus bak jalan tol. Berbagai keluhan seringkali timbul pada saat seorang wanita berbadan dua.
Apa sajakah gangguan yang kerap mengiringi perempuan yang tengah mengandung? Berikut ini sebagian di antaranya:

1. Sakit kepala  

Tak jarang malah ada yang sampai pingsan. Kenapa wanita hamil cenderung sakit kepala? Tak lain karena perubahan pada sistem peredaran darah yang disebabkan oleh kehamilan. Pembuluh darah cenderung melebar, sementara jantung harus memompa darah lebih kuat. Akibatnya, suplai darah ke otak untuk beberapa saat mungkin sempat terhenti atau terganggu yang menimbulkan rasa sakit di kepala secara tiba-tiba.

2. Mual dan muntah  

Umumnya keluhan ini dialami oleh wanita hamil, terutama pada awal kehamilan atau trimester pertama, yang disebabkan oleh peningkatan hormon estrogen selama kehamilan. Perubahan ini memengaruhi suasana hati ibu hamil, seperti timbul rasa mual yang berlebihan atau bau lain yang saat sebelum hamil tak menimbulkan reaksi apa-apa. Karena sering terjadi pagi hari saat bangun tidur, kita menyebutnya dengan morning sickness.

3. Beser dan sembelit  

Sering buang air kecil atau beser merupakan salah satu gejala yang dirasakan pada awal kehamilan, dan akan terasa juga saat memasuki minggu-minggu terakhir kehamilan. Ini terjadi karena kandung kemih letaknya bersebelahan dengan rahim, sehingga kapasitasnya berkurang seiring dengan membesarnya rahim. Makanya ibu hamil seing buang air kecil.

Untuk sembelit, keluhan ini timbul karena meningkatnya hormon progesterone selama kehamilan. Peningkatan hormon ini ada tujuannya lho, yaitu mengendurkan otot-otot rahim agar janin tetap di dalam uterus, yang juga berdampak terhadap mengendurnya otot dinding usus yang mengakibatkan sembelit.

4. Anemia  

Ibu hamil sering mengalami anemia akibat kekurangan zat besi. Kondisi ini disebabkan karena makanan yang dikonsumsi memang kurang unsure zat besi atau ada gangguan dalam pencernaan sehingga zat besi tak dapat diserap tubuh dengan baik. Ibu hamil dikatakan anemia jika kadar hemoglobin (Hb) darah kurang dari 11 gr/dl menurut standar WHO. Gejala yang tampak pada ibu hamil dengan anemia antara lain pucat, letih, lemah, berdebar, sesak napas dan mudah pingsan.

5. Keputihan  

Adanya peningkatan hormonal selama kehamilan, vagina akan mengeluarkan cairan berwarna putih susu, encer dan tidak berbau yang lazim disebut lekore. Cairan ini akan bertambah banyak seiring dengan bertambahnya usia kehamilan

sumber : hanyawanita.com

Share

Leave a Reply