HYPNOPARENTING, HYPNOPREGNANCY, HYPNOFERTILITY

Dikirim oleh Evariny A. untuk Fertility HypnoBirthing®

Orangtua adalah pelaku hipnotis yang handal.

Inilah manfaat hipnosis untuk kehamilan, persalinan, dan infertilitas dijelaskan oleh Lanny Kuswandi, dari Clinical Hypnotherapist ProV Clinic, Jakarta.

HYPNOBIRTHING

Hypnobirthing terdiri atas kata hypno (dari hypnosis) dan birthing (melahirkan) yang diartikan sebagai seni dan keterampilan untuk meningkatkan ketenangan pikiran sehingga dapat menghadapi persalinan dengan nyaman. Ketenangan pikiran dirasakan juga oleh bayi di dalam kandungan. Hypnobirthing sebaiknya tidak hanya dilakukan oleh ibu saja melainkan juga dengan pasangan. Karena proses persalinan merupakan perjalanan spiritual suami istri dan spirit baby. Bagi istri diperlukan ketenangan dan kesabaran menjalani proses kehamilan dan persalinan. Bagi suami juga diperlukan ketenangan, kesabaran dan juga ketegarannya dalam mendampingi istri sampai cukup bulan. Ibaratnya, suami-istri merupakan belahan jiwa. Bila salah satu merasa tak tenang maka belahan jiwa satunya pun akan merasakan.

Bila suami tidak memungkinkan untuk melakukan hypnobirthing karena misalnya ke luar kota dan lainnya, tak usah merasa bersalah dan istri pun harus bisa bersikap realistis. Suami tetap dapat melakukan komunikasi dengan janinnya meskipun di lain tempat. Misalnya dengan mengirimkan doa untuk bayinya. Hal ini juga akan berpengaruh.

Untuk melakukan hypnobirthing yang dibutuhkan adalah ketenangan dan niat(kemantapan hati). Kondisi relaks akan memunculkan endorfin sebagai anestesi alami yang akan menggantikan hormon pemicu rasa sakit (hormon stres). Hypnobirthing bisa dilakukan di usia kehamilan berapa pun. Namun, umumnya sering dilakukan di usia kehamilan 7 bulan atau 2 minggu sebelum proses persalinan. Bisa dilakukan dua kali sehari di saat pagi maupun menjelang tidur malam. Tiap kali lamanya sekitar 10-15 menit. Tempatnya tergantung keinginan masing-masing.

Cara melakukannya:

· Posisikan tubuh senyaman mungkin, apakah dengan duduk atau berbaring telentang atau miring. Jika berbaring sebaiknya dengan posisi menyamping ke kiri. Posisi ini dapat memperbaiki aliran darah ke rahim atau plasenta.

· Kondisikan seluruh tubuh dalam keadaan relaks. Pejamkan mata dan mulai bernapas dalam-dalam melalui hidung secara perlahan dan teratur. Kendurkan otot-otot seluruh tubuh dan istirahatkan pikiran. Berkonsentrasilah pada niat untuk melakukan relaksasi & hypnobirthing.

· Bayangkan dan niatkan proses persalinan yang menyenangkan dan membahagiakan. Proses bersalin yang lancar serta bayi mungil yang sehat dan lucu.

· Setelah kondisi relaks, tanamkan sugesti dan niat positif ke alam bawah sadar.Misal, “Aku bisa melahirkan secara alami, lancar dan normal.” Atau “Bayiku sehat,” dan lain sebagainya. Untuk masuk ke dalam alam bawah sadar ada juga yang menggunakan idiomotorik yaitu gerak tangan secara alami dan otomatis. Cara ini bisa membuat waktu relaks jadi lebih panjang. Tapi, ada juga yang tidak menggunakanidiomotorik, hanya diam seperti orang meditasi.

· Saat hendak selesai, biarkan otot-otot semakinrelaks dengan menghirup napas panjang dan buang napas perlahan lewat hidung. Kembali ke kondisi normal dan siap melakukan kegiatan atau tidur.

· Pada saat bersalin; tetaplah tenang, bernapaslah secara teratur, selaraskan energi dengan datangnya kontraksi sehingga tenaga tidak terbuang percuma.

Manfaat Hypnobirthing:

· Melahirkan tanpa rasa sakit.

· Ketenangan diri saat proses persalinan. Emosi dan jiwa tenang memungkinkan ibu untuk tidak berteriak/mengamuk/menjerit kala menahan sakit akibat kontraksi. Karena ibu sudah siap secara mental.

· Menghilangkan rasa takut, tegang, dan panik saat bersalin.

· Mempersingkat masa proses bersalin, pascabersalin cepat kembali pulih.

· Ikatan batin ibu terhadap bayi dan suami juga jadi lebih kuat.

· Membantu kondisi janin terlepas dari kondisi terlilit tali pusat atau letak sungsang. Hal ini dimungkinkan dengan ibu sering melakukan hipnosis atau berkomunikasi dengan janinnya. Karena ibu dan janin punya komposisi sama yaitu body, mind dan soul. Komunikasi antara soul ibu dengan spirit baby dapat dilakukan. Misal,”Ayo, putar kepalamu ke bawah agar keluarnya mudah.”

SEKILAS HYPNOBIRTHING

Metode melahirkan dengan hipnosis (untuk menanggulangi rasa sakit tanpa menggunakan obat-obatan) sudah dilakukan sejak 1950 di Amerika. Namun waktu itu belum menggunakan istilah hypnobirthing. Pada 1987, Michelle Leclaire O’Neil, Ph.D., R.N, seorang praktisi kesehatan yang mendalami pengobatan mind and soul hubungan antara pikiran dan kesehatan raga, mulai mengembangkan metode hypnobirthing.Ia mengemukakan hubungan antara pikiran dan tubuh dengan kesuburan, kehamilan, kelahiran prematur, dan depresi pascapersalinan. Menurutnya, hipnosis merupakan salah satu metode pendekatan kejiwaan yang memberi kesempatan untuk berkonsentrasi, fokus, relaks, sekaligus tetap sadar sepenuhnya.

Namun yang mematenkan nama hypnobirthing tak lain Marie F. Mongan, M.Ed., M.Hy, seorang hipnoterapis dan hipnoanestesiologi bersertifikat dari New Hampshire, Amerika. Metode hypnobirthing yang diciptakannya merupakan penggabungan dari selfhypnosis dan proses kelahiran alami. Pertama kali diterapkan metode ini pada saat kelahiran cucunya tahun 1990. Kini metode tersebut telah dipraktikkan banyak orang di seluruh dunia. Bahkan sejak 1993 hypnobirthing diperkenalkan di Kanada, kemudian Australia dan Inggris. Hingga ini sudah lebih 20 negara mempratikkan hypnobirthing dalam proses persalinan alami.

HYPNOPREGNANCY

Sama halnya seperti hypnobirthing, hypnopregnancy dapat dilakukan pada saat merencanakan kehamilan. Bahkan ada beberapa pasangan yang melakukan pada saat akan menikah. Hypnopregnancy bermanfaat untuk ketenangan diri, menyeimbangkan tubuh dan pikiran demi mempersiapkan kehamilan yang sehat dan bibit yang unggul. Perlu diingat kehamilan perlu persiapan fisik, mental dan spiritual.

Keseimbangan tubuh dan pikiran dibutuhkan untuk kondisi psikologis yang sehat. Jika kondisi psikologis sehat secara otomatis tubuh juga akan menjadi lebih sehat dan kekebalan tubuh pun menjadi lebih baik. Pada akhirnya keseimbangan ini akan mengarah pada terjadinya proses kehamilan nantinya. Keseimbangan ini pun harus terus dipelihara selama kehamilan. Apalagi dalam kondisi hamil, berbagai hormon cenderung membuat tubuh dan pikiran tidak stabil, sehingga memunculkan rasa khawatir, panik dan sebagainya. Akibatnya, kesehatan jadi terganggu dan tentunya berpengaruh pada janin dalam kandungan.

Cara melakukan hypnopregnancy dasarnya sama seperti melakukan hypnobirthing. Relaksasi kemudian masukkan program hal-hal/kata-kata positif ke dalam rekaman bawah sadar. Contoh, “Aku sehat jasmani dan rohani untuk mempersiapkan kehamilan yang sehat”. Setelah menanamkan sugesti/program positif, ditambah dengan menyehatkan pusat-pusat energi agar dapat berpasrah diri pada Tuhan ke arah pencerahan. Hypnopregnancy ini juga sebaiknya dilakukan oleh pasangan suami-istri.

HYPNOFERTILITY

Bagi pasangan suami istri yang setelah setahun menikah namun belum juga diberi momongankarena beberapa faktor semisal kesibukan, istri pernah keguguran, tubuh istri membentuk antibodi terhadap sperma suami, dan trauma hamil, suami tidak subur dan lain sebagainyabisa mencoba hypnofertility. Selama penyebabnya masih memungkinkan pasangan untuk memperoleh momongan teruslah berusaha melakukan self healing(dengan hypnofertilty) dan tentu saja tetap berobat ke dokter.

Hypnofertility dapat membantu suami-istri meningkatkan kembali rasa percaya diri, memperbaiki komunikasi suami-istri yang nantinya akan berpengaruh dalam kehidupan seksual mereka, serta ketenangan diri dan pikiran yang membantu dalam menyeimbangkan hormonalnya.

Cara yang dilakukan pada hypnofertility tergantung pada permasalahan pasangan. Tetapi dasarnya adalah relaksasi kemudian memasukkan niat positif ke dalam alam bawah sadar dan juga melakukan gerakan-gerakan latihan (yang harus didampingi hipnoterapis untuk mengurangi risiko cedera). Terutama pada wanita yang banyak melakukan aktivitas duduk yang bisa memengaruhi ketegangan saraf di daerah tulang belakang yang berdampak pada persarafan dan energi daerah reproduksi. Karena itu perlu dilakukan relaksasi di daerah punggung. Waktu untuk melakukan hypnofertility biasanya lebih lama sekitar 15-20 menit dan bisa dilakukan kapan pun. Setelah mencapai keadaan relaksasi niatkan menyehatkan daerah reproduksi dan sekitarnya dengan segala kaitannya sampai ke akar permasalahannya.

Dedeh Kurniasih
sumber : Tabloid Nakita

Leave a Reply