Pentingnya Asam Lemak Omega 3

Dikirim oleh Evariny A. untuk Makan minum & gizi

Bagi anda yang sedang hamil, disarankan untuk mengkonsumsi asam lemak, omega-3, DHA dan EPA yang berperan penting dalam perkembangan otak bayi, mata dan organ-organ penting lainnya serta membantu mencegah bayi lahir prematur.

Ikan merupakan sumber asam lemak terbaik. Tapi hati-hati dalam memilih dan mengkonsumsi ikan,  karena saat ini terdapat jenis ikan tertentu yang mengandung merkuri dan polychlorinated biphenyls (PCBs) berkadar tinggi. Kedua racun ini disinyalir dapat merusak perkembangan janin.

Sebagai alternatif, para ibu hamil bisa mendapatkan omega 3 yang bebas racun dengan cara menggunakan minyak canola untuk memasak dan minyak flaxseed untuk bumbu salad. Akan tetapi minyak flaxseed pecah jika terkena panas, jadi tidak baik untuk memasak. Keduanya merupakan sumber alpha linolenic acid yang oleh tubuh diubah menjadi DHA dan EPA.

Sebaiknya pilih ikan sardin, herring dan salmon yang terbukti kaya omega 3 tapi rendah merkuri dan kontaminan lainnya. Para ahli menyarankan memilih salmon liar ketimbang yang diternakkan. Anda dapat mengkonsumsinya 2 atau 3 ekor ikan dalam seminggu. Gunakan juga telur yang diperkaya dengan omega 3.

Bagi anda yang vegetarian dapat menggunakan minyak canola, telur omega 3 ditambah dengan makanan kecil kacang-kacangan yang dikeringkan secara teratur serta walnut. Jika ingin menggunakan suplemen sebaiknya ikuti saran dokter anda. (anonymous)

Leave a Reply