Teknik Relaksasi untuk Memperlancar ASI

Dikirim oleh Evariny A. untuk HypnoBreastfeeding

Seratus ibu menyusui dipandu ahli hipnoterapi Lanny Kuswandi belajar teknik relaksasi terbaru (hypnobreastfeeding) agar dapat membantu mereka memproduksi air susu ibu (ASI) yang berkualitas dan berkuantitas maksimal. “AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia) ingin  membantu para ibu bisa terus memberikan ASI. Minimal secara eksklusif selama enam bulan pertama, terutama apabila para ibu menyusui tersebut harus kembali bekerja,” kata Ketua AIMI, Mia Sutanto, dalam siaran persnya.

Melalui workshop yang bertema Afirmasi Positif untuk Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas ASI yang diadakan di Jakarta pada Minggu (19/4) lalu, AIMI bermaksud memberi dukungan kepada para ibu menyusui agar selalu mengupayakan kondisi yang positif bagi dirinya untuk terus menyusui. Acara ini sekaligus untuk memperingati ulang tahun ke-2 AIMI.

Hypnobreastfeeding adalah teknik relaksasi untuk membantu kelancaran proses menyusui. Caranya, dengan memasukkan kalimat-kalimat afirmasi/sugesti positif yang membantu proses menyusui. Ibu menyusui dalam keadaan relaks atau sangat berkonsentrasi pada satu hal (kondisi hipnosis). Hipnosis sendiri adalah kondisi nirsadar yang terjadi secara alami. Seseorang jadi menghayati pikiran dan sugesti tertentu untuk mencapai perubahan psikologis, fisik, maupun spiritual yang diinginkan. Hipnosis otomatis terjadi kapan pun seseorang menjadi relaks yang dalam dan atau berkonsentrasi penuh. Contoh kalimat sugestinya, “ASI saya cukup untuk bayi saya sesuai dengan kebutuhannya.”

Dalam usianya yang dua tahun ini, AIMI telah melakukan banyak kegiatan yang berkaitan dengan sosialisasi dan edukasi pentingnya pemberian ASI bagi bayi. AIMI telah menghasilkan 20 konselor laktasi. Kegiatan fenomenal AIMI tahun lalu adalah Ibu Indonesia Menyusui Serentak dalam konteks memperingati Pekan ASI Sedunia.  

Sumber  :  Jurnal Nasional/Wita Lestari

Leave a Reply