Liputan WORKSHOP HYPNOBIRTHING DAN HYPNOPARENTING

Dikirim oleh Evariny A. untuk HypnoBirthing® HypnoParenting

Semua wanita di dunia tumbuh dewasa dengan pengetahuan bahwa melahirkan itu sangat sakit. Banyak wanita merasakan sakit tersebut lebih parah dari seharusnya karena banyak dipengaruhi oleh rasa penik dan stres. Kini semuanya dapat dihindari dengan adanya metode relaksasi. Sebenarnya ini bukanlah hal yang baru, metode relaksasi telah digunakan sejak tahun 50-an di Amerika Serikat. Salah satu metode yang terkenal dalam persalinan adalah Hypnobirthing.

Di Indonesia, metode ini mulai disebarluaskan pada tahun 2003 oleh Lanny Kuswandi, yang mempelajari metode Hypnobirthing Marie Mongan di Australia. Ia adalah seorang bidan yang kemudian mendalami ilmu hipnoterapi spesifik pada bidang kehamilan.

Pada 5 Juli 2009, HypnoMoms Club mengadakan workshop tentang Melahirkan Tanpa Sakit, dan berlokasi di Anahata Wellness Center, FX Lifestyle X enter. Di acara ini Lanny Kuswandi sebagai pembicara, menjelaskan keuntungan yang diperoleh oleh ibu hamil dengan melakukan Hypnobirthing. Lanny mengatakan latihan Hypnobirthing akan banyak memberikan manfaat karena melatih ibu hamil untuk selalu rileks, bersikap tenang dan menstabilkan emosi. Hasil dari latihan ini bukan hanya dirasakan saat ibu sedang hamil, namun hingga setelah melahirkan dan dalam kehidupan sehari-hari. Ketenangan ibu dan kemampuan ibu untuk mengendalikan emosi akan berdampak positif pada orang-orang di sekitarnya.

Pada workshop kedua, dra. Adjeng Lasmini juga mengajak hadirin yang datang untuk menerapkan pola asuh pada buah hati melalui Hypnoparenting. Tema yang diusung kali ini adalah Mengoptimalkan Potensi ESQ Anak. Dra. Ajeng menjelaskan bahwa Hypnoparenting merupakan hypnoterapi (terapi dengan hipnosis) yang secara garis besar berguna untuk meningkatkan komunikasi spiritual antara orangtua dan anak. Bahkan, Hypnoparenting ini bekerja langsung pada alam bawah sadar anak sehingga orangtua melakukan pola pengasuhan tanpa paksaan.

Menurut dra. Ajeng, beberapa manfaat Hypnoparenting adalah meningkatkan SQ (Spiritual Quotient) pada anak, mengetahui tanda-tanda gangguan perkembangan pada anak secara dini sehingga anak dapat tumbuh sehat dan seimbang, membantu anak yang sakit menjadi lebih tenang, merasa aman terlindungi sehingga kualitas tidur lebih baik dan daya tahan tubuh meningkat, juga bermanfaat untuk orangtuanya sendiri, seperti mengarahkan orangtua agar selalu menjadi pribadi yang poisitif dalam berpikir.

sumber : Parentsguide/Ria

Leave a Reply