HypnoParenting : Hipnotis untuk Anak-anak

Dikirim oleh Evariny A. untuk HypnoParenting
dikunjungi: 3749 kali, 1 hari ini

Hipnosis untuk anak-anak sebenarnya telah dikenal sejak masa lampau, banyaknya tradisi-tradisi dan budaya-budaya yang ada sebenarnya telah menerapkan metode hipnosis dalam menumbuh kembangkan anak, seperti tembang-tembang para orang tua yang dinyanyikan pada saat menidurkan anak, secara otomatis dapat menciptakan sebuah fenomena hipnosis (trance) khusunya pada anak-anak (Child Trance Condition).

Di era modern ini, metode hipnosis untuk anak-anak telah lama dilakukan oleh Dr Franz Mesmer dengan teknik magnetismenya, walaupun hasil penelitian yang dilakukan oleh Franklin tentang Mesmer pada tahun 1784 menyimpulkan bahwa efek klinis yang ada pada teknik magnetisme bukanlah karena magnetisme itu sendiri, namun efek klinis tersebut dihasilkan dari imaginasi, yang dilakukan oleh pasien.

Inilah yang sebenarnya menjadi kunci sukses pada metode hipnosis untuk anak-anak. Di Amerika, penggunaan hipnosis terhadap anak-anak masih dikatakan belum menjadi perhatian serius hingga pada akhir dekade 1950-an penggunaannya mulai dilirik oleh terapis. Hal ini dikarenakan adanya sosialisasi hipnosis oleh Dr. Milton Erickson dan Erik Wright sebagai metode efektif yang terbukti secara klinis dalam mengatasi berbagai gangguan/permasalahan pada anak-anak. Hingga pada tahun 1960 krontibusi hipnosis untuk anak-anak telah membawa seorang ahli seperti Dr Franz Baumann menjadi dokter anak-anak pertama” sekaligus menjadi presiden dari Association Society Clinical Hypnosis (ASCH).

Hipnosis pada anak-anak merupakan sebuah keadaan yang ada pada gelombang pikiran Alpha dan Theta yang fenomenanya seperti perasaan melamun atau imajinasi. Didalam keadaan hipnosis seseorang secara selektif menjadi fokus, mengasyikkan dan berkonsentrasi atas idea utama atau gambaran (dengan atau tanpa relaksasi), dengan tujuan spesifik, yaitu pencapaian beberapa tujuan atau menyadari beberapa potensi-potensi dalam dirinya.

Dalam keadaan hipnosis inilah, seorang anak mudah menerima saran-saran positif yang dapat berguna pada perkembangan dan tumbuh kembang anak mulai dari masa kanak-kanak hingga remaja. Saran-saran positif tersebut akan terus tersimpan pada pikiran bawah sadar mereka, mengisi rekaman-rekaman dalam pikiran mereka tentang segala sesuatu yang bersifat positif yang berguna dalam mengisi sisi kejiawaan dan emosional mereka.

Hasil dari penelitian yang telah dilakukan secara berkelanjutan perlu terus mendefinisikan dan mengidentifikasikan hypnosis berdasarkan kelemahan-kelemahan yang sering dialami oleh anak-anak dalam menangkap sebuah ide/informasi ataupun perintah yang akan ia tangkap dan lakukan, seperti :

  • Ringkas/rumitnya sebuah informasi yang akan ia tangkap
  • Seberapa menarik dan mengasyikan informasi yang akan ia terima
  • Bagaimana sensitivitas anak saat menerima informasi
  • Gaya penyampaian informasi kepada anak
  • Teknik multisensori yang diberikan kepada anak
  • Pengaruh budaya-budaya yang tertanam pada jiwa anak

Kelemahan-kelemahan tersebut selayaknya dapat dijadikan bahan masukan pada para orang tua guna mendidik dan mengasuh putra putrinya sekaligus menambah kualitas jati diri putra putrinya untuk tumbuh kembang menjadi penerus bangsa yang memiliki mental dan pemikiran yang handal.

Aplikasi Hipnoterapi untuk Anak-anak

Metode hipnoterapi tidaklah selalu identik dengan terapi terhadap permasalahan–permasalahan yang biasanya terjadi pada anak-anak, seperti gangguan emosional pada anak, dll. Tetapi hipnoterapi pada anak-anak juga dapat ditekankan untuk mempersiapkan potensi-potensi yang ada pada diri anak-anak yang sangat berguna pada proses tumbuh kembang anak-anak.

Metode hipnoterapi dikatakan berhasil jika terciptanya sebuah fokus, keputusan dan kontrol dari anak-anak dengan tetap memperhatikan kesukaan dari anak dalam menggunakan kemampuan imajinasi mereka. Sehingga seorang hipnoterapis yang paling tepat dalam melakukan terapi pada anak adalah orang tuanya. Sekian

sumber dari praktisi hypnosis di Indonesia

Share

Leave a Reply