Minyak Ikan pada Kehamilan dan Otak Janin

Dikirim oleh Evariny A. untuk Makan minum & gizi Seputar Kehamilan
dikunjungi: 11643 kali, 1 hari ini

Mengkonsumsi minyak ikan saat hamil dapat meningkatkan koordinasi bayi serta mencegah terjadinya depresi post-natal.

Wanita yang mendapatkan dosis besar minyak ikan saat hamil secara nyata dapat meningkatkan daya koordinasi pada anak, para ahli menyebutkan.

Suatu penelitian terbaru menyebutkan bahwa kapsul yang berisi minyak ikan disebut kapsul pintar, karena sangat berpotensi mengembangkan kemampuan otak anak terutama saat masih dalam kandungan.

Terlihat adanya komunikasi yang baik antara mata dan tangan pada masa kanak-kanak pada ibu yang mengkonsumsi suplemen minyak ikan mulai trimester kedua kehamilan dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi.Terdapat pula peningkatan kemampuan dari otak dan kemampuan berbicara pada anak yang saat didalam kandungan ibunya mengkonsumsi minyak ikan.

Bukti terbaru menunjukkan bagaimana asam lemak omega3 yang terkandung dalam minyak ikan dapat meningkatkan kemampuan otak janin.Asam lemak omega3 berperanan penting dalam perkembangan susunan saraf otak pusat.

Akhir minggu ketiga kehamilan merupakan waktu yang tepat untuk memulai mengkonsumsi minyak ikan, karena masa pertumbuhan otak manusia mulai terjadi saat itu, hingga beberapa bulan pertama setelah bayi dilahirkan. Penelitian lain menyimpulkan bahwa Cod liver oil yang dikonsumsi selama kehamilan dapat meningkatkan berat lahir dan menekan risiko bayi mengalami diabetes type 1.

Selain manafaat yang didapatkan oleh janin, hasil penelitian juga menyebutkan minyak ikan sangat membantu menjaga kesehatan ibu saat melahirkan, termasuk menurunkan risiko terjadinya peningkatan tekanan darah dan mencegah terjadinya depresi setelah melahirkan.

Suplemen minyak ikan yang dikonsumsi terus menerus selama 20 minggu saat kehamilan (tentu Bunda juga lebih baik lagi kalo di konsultasikan ke DSOG Bunda) tidak saja aman, tetapi juga memiliki kemampuan efektif yang sangat dibutuhkan bagi bayi dan ibu dikemudian hari.

London GP Dr. Sarah Jarvis, seorang pemimpin International Cod Liver omega 3 Foundation mengatakan bahwa tidak ada larangan untuk mengkonsumsi ikan pada wanita hamil atau pemberian suplemen minyak ikan yang memiliki kualitas yang baik.

Ia menambahkan terbukti omega 3 dapat meningkatkan perkembangan kemampuan dari otak, namun menurutnya dengan dosis yang kecil saja efeknya sudah terlihat, sehingga tidak dibutuhkan dosis yang sangat tinggi.

Share

One Response to “Minyak Ikan pada Kehamilan dan Otak Janin”

  1. Bunda Mike Says:

    Ada rekomendasi suplemen minyak ikan yang baik dok?

Leave a Reply