Menabung Sel Induk, Si Penyambung Nyawa

Dikirim oleh Evariny A. untuk Kesehatan anak Seputar Melahirkan

Menyimpan sel induk darah tali pusat, ibarat memiliki kunci cadangan. Siapa tahu kelak berguna.?
Ketika berusia tiga tahun, Ryan Foo, lelaki kecil asal Singapura, divonis menderita kanker darah. Harapan hidupnya seakan terenggut tiba-tiba. Namun dokter menyarankan agar sang ibu hamil lagi, agar kelak saat adik Ryan lahir, tali pusatnya bisa digunakan untuk menyelamatkan hidup sang kakak. Ibu Ryan melakukan saran dokter, dan kini, Ryan sudah masuk sekolah dasar dan harapan hidupnya terbentang kembali.?

Kini di Indonesia juga sudah ada bank penyimpanan sel induk darah tali pusat. Tak ayal, munculnya tempat ini menimbulkan pertanyaan di benak para orangtua. Di sini, kami memberikan jawabannya pada Anda.
?

Menyimpan Sel Induk Darah Tali Pusat?

Ketika seorang ibu melihat sebuah iklan bank penyimpanan sel induk darah tali pusat atau umbilical cord blood, ia pun kemudian bertanya, Jadi, apakah tali pusat yang lepas dari pusar si kecil itu yang disimpan?” Pertanyaan itu mewakili ibu-ibu lain yang juga melihat iklan serupa, didorong rasa ingin tahu yang timbul karena hal ini merupakan hal yang relatif baru di negara kita.?

Proses pengambilan darah tali pusat dilakukan segera setelah seorang bayi lahir. Biasanya setelah lahir, tali pusatnya langsung dipotong kemudian diklem (diikat dengan pengikat khusus). Kemudian setelah dibersihkan, dokter akan menusukkan jarum ke bagian vena dari tali pusat, nanti darah akan mengalir melalui jarum dan selang yang menyambung ke kantong darah. Setelah itu, darah diproses lagi. Sel darah merah dan plasma darah dibuang hingga yang tertinggal adalah sel induk dari darah tali pusat. “Dari 22,5 cc biasanya terdapat 400 juta hingga 800 juta sel induk,” kata Ibu Wirya Tantra, General Manager dari CordLife Indonesia, salah satu bank penyimpanan sel induk darah tali pusat. Sel induk inilah yang kemudian disimpan dalam bank penyimpanan.?

Proses ini sangat sederhana dan tidak membahayakan ibu ataupun bayi. Ketika Anda memutuskan untuk menyimpan sel induk darah tali pusat anak Anda, maka Anda bisa minta bantuan dokter untuk menjalankan prosesnya, dan umumnya mereka sudah mengerti apa yang harus dilakukan.?

Manfaat Penyimpanan

Ketika seorang anak menderita leukemia, salah satu alternatif pengobatannya adalah dengan transplantasi sumsum tulang belakang. Namun pengambilan sumsum tulang belakang ini harus melalui proses rumit. Selain makan waktu, risikonya juga tinggi. Pertimbangan lain, sebelum melakukan transplantasi, staf medis harus mencocokkan 6 antigen yang disebut HLA (Human Leukocyt Antigen) antara si donor dan penerima. Dan proses pencocokkan itu sulit sekali. Bila persentase yang cocok kecil, maka kemungkinan besar akan terjadi reaksi penolakan oleh tubuh.?

Harapan yang lebih besar timbul ketika ditemukan manfaat dari sel induk darah tali pusat. Sel induk ini adalah cikal bakal dari segala macam sel tubuh, seperti sel sarah, sel darah, otot jantung, bahkan otak. Sel induk inilah yang akan sibuk bekerja ketika Anda jatuh sakit. Sayangnya bila sakitnya terlalu parah, seringkali sel induk menjadi kalah. Oleh karena itu, diperlukan bantuan transplantasi. Hebatnya, selain memiliki kemampuan untuk menumbuhkan sel kembali, sel induk juga mampu berdiferensiasi. Artinya ketika dimasukkan ke darah, sel induk akan membentuk sel darah merah, sedangkan bila dimasukkan ke otak, maka sel induk akan membentuk sel otak.?

HLA dari sel induk darah tali pusat pun sifatnya masih polos. Sama hal seperti manusia, ketika semakin dibawa dewasa, HLA jadi memiliki karakter sendiri yang berbeda dengan yang dimiliki orang lain. Itulah sebabnya, sulit sekali mencocokkan HLA milik orang dewasa. Sebaliknya, sama seperti bayi, HLA sel induk yang diambil ketika bayi baru lahir pun masih belum memiliki karakter. Maka risiko penolakan dari tubuh pun semakin kecil.?

Selain dapat digunakan sendiri, sel induk darah tali pusat pun dapat didonorkan ke saudara kandung, karena mempunyai faktor kecocokkan HLA sebesar 75%. Itulah sebabnya dokter menyarankan ibu dari Ryan Foo untuk hamil lagi, agar sel induk dari darah tali pusat adiknya dapat menolong Ryan.?

Sampai saat ini, penyakit yang mempunyai harapan besar dapat disembuhkan oleh sel induk darah tali pusat adalah leukemia (kanker darah) dan thalassemia (kelainan darah). Konon, sampai saat ini pun masih dilakukan penelitian kemungkinan menyembuhkan penyakit lain dengan sel induk darah tali pusat.?

Prosedur Menyimpan Umbilical Cord Blood

Cara menyimpan umbilical cord blood atau sel induk darah tali pusat mudah dan tidak rumit. Pertama, Anda bisa menghubungi bank penyimpanan sel induk darah tali pusat. Nanti pihak dari bank penyimpanan akan menjelaskan manfaat dari menyimpan sel induk darah tali pusat secara detail. Kemudian Anda akan diberi kontrak yang bisa Anda pelajari terlebih dulu. Sebagai informasi, kontrak umumnya berlaku selama 21 tahun. Jika Anda setuju dengan isi kontrak, Anda kemudian bisa menandatanganinya dan pihak bank penyimpanan akan memberikan perlengkapan berupa kantong darah, tabung untuk menampung darah ibu, cairan antiseptik beserta label untuk memberi nama.?

Selanjutnya Anda bisa memberitahukan dokter kandungan mengenai rencana pengambilan darah tali pusat tersebut. Nanti ketika Anda melahirkan, pihak rumah sakit bersalin akan menghubungi pihak bank penyimpanan (nomor telepon dan alamat bank penyimpanan tercantum di paket peralatan) dan akan ada staf dari bank penyimpanan yang akan datang ke rumah sakit bersalin dimana Anda melahirkan.?

Begitu si kecil lahir, dokter akan melakukan proses pengambilan darah untuk kemudian memberikannya kepada staf dari bank penyimpanan. Selanjutnya pihak bank penyimpanan akan melakukan proses pemisahan sel induk, untuk kemudian dibekukan pada suhu -134 derajat Celcius.?

Mengenai proses pembayaran, Anda diwajibkan membayar untuk proses pengambilan darah hingga penyimpanan, dan selanjutnya membayar biaya penyimpanan setiap tahunnya. Biaya yang dilakukan untuk proses ini memang cukup mahal. Tapi jika dibandingkan dengan manfaatnya kelak, harga yang harus Anda bayar sepertinya sepadan.

sumber : parentsguide

Leave a Reply