Menyusui Ferdi 2 tahun

Dikirim oleh Maya Siswadi untuk Kisah Menyusui

Ferdi…anak keduaku…sama seperti kakaknya…anak ASI…. sama sekali gak kenal susu formula sejak lahir….malah…prestasinya lebih hebat sedikit dr kakaknya…dia selain sukses ASI eksklusif 6 bln juga berhasil nyusu terus sampe 2 th…tanpa formula…

lepas ASI langsung minum susu di gelas dan minum susu cair…alias susu sapi cair/uht….

kalo faldi…kakaknya…selain ASI eksklusif 6 bln…nyusunya cuma sampe dia umur 1 th…soalnya aku dah hamil adeknya….

sebenarnya aku maunya terus menyusui faldi sampe 2 th…tp karena hamil…dan dilarang sama DSAnya…ya sudahlah…dg berat hati aku sapih…karena diare…jadi sekalian disapih…

setelah disapih..faldi aku kenalkan formula….nah..waktu adiknya lahir…aku sering kelebihan ASi….payudaraku sering bengkak karena penuh…so…aku kuraslah dg cara diperah…

nah…ASI perahan itu aku berikan pd faldi…hehe…lumayan…dia masih dapat ASI sedikit…

sebenarnya kalo diliat dr kuantitas…ASIku mungkin tdk terlalu banyak…tp karena modal aku menyusui anak2ku adalah keyakinan…jadi ASIku selalu keluar….

Trus…aku juga rajin nyusuin mereka…gak pake ikutin jam… gak ada istilah nyusuin cuma 3-4 jam sekali….

bagiku…menyusui itu ya kapan anaknya nangis dan minta nyusu… ya aku susuin…jadi biar pun baru 1/2 jam yg lalu dia nyusu…aku akan tetep nyusuin lagi….gak khawatir ASInya kurang…toh…tiap dikeluarkan… ASI akan diproduksi lagi sebanyak yg dikeluarkan…

jadi pikirku dg semakin sering aku menyusui…ya semakin banyak ASInya….dan nyatanya aku gak pernah kehabisan ASI kog…kayak sumber mata air aja…. hehehe…yg ada sih cuma kehabisan tenaga…. maklum… kecapekan

bayangkan…aku tdk punya pembantu…punya dua anak kecil…yg satu baru bisa jalan…yg satu masih bayi dan ASI…semua kerjaan rumah harus dikerjakan sendiri…..wuah…capeknya…

mana ngurus bayi juga.. ngurus rumah juga…. ngurus suami juga….

Leave a Reply