Isu Moloco B12 Haram? (Klarifikasi dari PT. Darya-Varia)

Dikirim oleh Evariny A. untuk Artikel ASI Masalah Umum
dikunjungi: 59951 kali, 1 hari ini

Beberapa tahun terakhir ini telah muncul isu bahwa obat yang digunakan untuk memperlancar ASI adalah haram karena terbuat dari plasenta manusia. Benar atau tidaknya berita tersebut masih menjadi tanda tanya dari kaum ibu. Berikut adalah klarifikasi dari PT.Daya-Varia menyangkut isu tersebut :

========== 

Bapak/Ibu Yth,

Bersama ini kami bermaksud untuk mengklarifikasi mengenai isu yang beredar pada milis Bapak/Ibu sekalian mengenai produk kami, Moloco B12.

Adapun isu mengenai Moloco B12 ini sebenarnya sudah sejak setahun lalu muncul di berbagai milis dan kami juga sudah melakukan klarifikasi kepada banyak pihak yang menanyakan langsung kepada kami.

Dalam buku MIMS maupun ISO memang tercantum bahwa kandungan tablet Moloco B12 adalah Extr, Placenta + Vitamin B12. Namun perlu kami klarifikasikan bahwa di kedua buku tersebut tidak pernah tercantum bahwa kandungannya Extr. Placenta manusia karena kandungannya memang bukan Extr. Placenta manusia melainkan Extr. Placenta hewani yaitu dari sapi. Hal ini diperkuat dengan Certificate of Analysis dan Material Safety Data Sheet bahan baku Moloco dari supplier kami di Jerman.

Mengenai hal ini pun, pihak kami telah memperlihatkan fotokopi sertifikat pembelian bahan baku yang menyatakan bahwa bahan aktif Moloco B12 adalah ekstrak plasenta sapi kepada dokter-dokter kebidanan dan kandungan, jadi BUKAN PLASENTA MANUSIA sehingga Moloco B12 adalah aman untuk dikonsumsi oleh ibu-ibu dalam masa menyusui.

Demikian penjelasan dari kami. Semoga dapat diterima dengan baik.

Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Sheila Kansil
Corporate & Legal Affairs Department
PT Darya-Varia Laboratoria Tbk
Graha Darya-Varia 2nd-3rd Floor
Jl. Melawai Raya No. 93
Jakarta 12130, Indonesia
T: (62-21) 725 8010, 725 7973
F: (62-21) 725 8001
E: sheila.kansil@darya-varia.com
W: www.darya-varia.com

Share

One Response to “Isu Moloco B12 Haram? (Klarifikasi dari PT. Darya-Varia)”

  1. wahyu hidayat Says:

    nah pertanyaannya sekarang…apakah sapi terse.ut disembelih dgn cara yg halal sesuai syariat?? terimakasih…tolong konfirmasinya.

Leave a Reply