Home » F A Q » Kehamilan

Kehamilan


Dijawab langsung oleh

dr. Boy Abidin SpOG

Ahli Kebidanan dan Kandungan
RS.Mitra Keluarga Kelapa Gading


  1. Apa sebenarnya ciri-ciri yang menunjukkan bahwa saya telah hamil ?
    •    Ciri-ciri tersebut ada yang merupakan ciri kemungkinan hamil dan ciri pasti hamil. Ciri kemungkinan hamil diantaranya terlambat haid, mual muntah disertai pusing kepala, perubahan emosi dan lain-lain. Sedangkan tanda pasti hamil adalah dua dari tiga tanda berikut yaitu pemeriksaan urine kehamilan positif, terlihat kantong kehamilan secara USG dan morning sickness.
  2. Kapan saat yang paling tepat untuk melakukan USG 2D dan 3D/4D ?
    • Pemeriksaan USG 2D maupun 3D-4D merupakan penunjang untuk melihat pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam rahim. Jadi pemeriksaan sebenarnya diperlukan dalam semua tahap tumbuh kembang janin selama dalam rahim, biasanya dilakukan 3 kali yaitu pada trimester 1, 2 dan 3. Khusus untuk pemeriksaan dengan USG 3D-4D, hasil gambar akan terlihat baik dan jelas bila jumlah cairan ketuban dalam jumlah yang cukup dan posisi janin terlentang serta umur janin sudah cukup matang. Biasanya sekitar kehamilan 26-30 minggu.
  3. Saya telah terlambat haid selama 2 minggu, tetapi test-pack masih menunjukkan negatif. Apakah sebenarnya saya hamil ?
    • Bila anda terlambat haid 2 minggu sedangkan hasil test pack negatif, ada 2 kemungkinan, yaitu : alat test nya kurang akurat atau pola haid anda yang tidak teratur sehingga kadar hormon kehamilannya belum terbaca oleh alat tersebut. Sebaiknya tunggu 1 minggu lagi dan ulang pemeriksaan urine dengan alat yang lebih baik. Bila hasilnya tetap negatif kemungkinan memang anda belum hamil. Untuk lebih pastinya periksa ke ahli kandungan.
  4. Apakah saya sebaiknya melakukan test TORCH begitu hamil ?
    • Ya, untuk skrining tidak ada salahnya anda periksa TORCH, terutama bila anda punya faktor risiko seperti memelihara binatang berbulu dan suka makan makanan setengah matang.
  5. Bolehkah saya minum teh dan kopi selagi hamil ?
    • Sebaiknya kurangi konsumsi teh dan kopi selama hamil. Lebih baik perbanyak minum susu dan air putih. Teh dan kopi mengandung zat yang dapat membuat pembuluh darah mengecil (konstriksi) yang berakibat suplai zat makanan ke janin berkurang.
  6. Saya dengar jika kita minum es saat hamil, akan membuat bayi menjadi besar. Benarkah demikian ?
    • Es tidak mengandung kalori ( 0 kal ), jadi tidak akan membuat bayi dalam kandungan menjadi besar. Namun orang cenderung meminum es yang dicampur dengan teh manis, sirup, susu manis, dan segala campuran yang mengandung gula. Kandungan gula itulah yang akan membuat berat badan bayi bertambah, begitu pula dengan ibunya. Air es tanpa campuran gula, tidak akan membuat bayi menjadi besar.
  7. Apakah pre-eklamsia itu ? Apakah berbahaya untuk kehamilan saya ?
    • Pre eklamsi adalah suatu keadaan yang dialami oleh ibu hamil, dimana terjadi peningkatan tekanan darah (diatas 140/90 mmHg) pada usia kehamilan diatas 20 minggu. Pre eklamsi ada 2 macam , pre-eklamsi ringan ( tekanan darah 140/90mmHg) dan pre-eklamsi berat (tekanan darah diatas 160/110 mmHg). Bila pre-eklamsi tidak segera dikelola akan menjadi eklamsi (kejang). Keadaan ini sangat berbahaya bagi ibu dan janin, bisa terjadi kelumpuhan sampai kematian janin dan ibu. Wanita yang berisiko untuk terkena pre-eklamsi dan eklamsi diantaranya wanita dengan kehamilan pertama, usia < 20 th atau > 35 th, punya riwayat tekanan darah tinggi. Lakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin selama hamil untuk deteksi dini timbulnya pre-eklamsi.
  8. Apakah saya harus melakukan vaksin TT (tetanus) saat kehamilan
    usia muda ?

    • Suntik vaksin TT (tetanus toksoid) penting untung mencegah terjadinya tetanus pada janin saat dilahirkan. Kuman tetanus masuk ke tubuh janin melalui tali pusat saat tali pusat tersebut dipotong. Bila sterilisasi alat dan tempat persalinan tidak terjamin, suntikan ini sangat diperlukan untuk pencegahan.
  9. Apakah aman untuk berhubungan saat hamil muda ?
    • Hubungan intim selama masa kehamilan pada dasarnya aman dilakukan, baik pada hamil muda maupun hamil tua. Namun bila terdapat perdarahan, riwayat abortus sebelumnya, plasenta menutup jalan lahir dan ketuban pecah sebelum waktunya atau keadaan lain atas saran dokter sebaiknya jangan melakukan hubungan intim.
  10. Amankah jika saya dipijat saat sedang hamil ?
    • Boleh saja melakukan pijat saat hamil, asal tidak pijat didaerah perut.
  11. Apa yang harus saya lakukan agar ASI saya lancar setelah
    melahirkan ?

    • Proses keluarnya ASI dipengaruhi adanya produksi hormon prolaktin yang cukup, adanya ketenangan dan keyakinan ibu, juga isapan puting susu yang cukup oleh janin. Bila hal tersebut terpenuhi, biasanya produksi ASI akan baik. Namun bila belum, bisa dibantu dengan obat perangsang produksi ASI dan sayur-sayuran hijau.
  12. Bagaimana caranya untuk mencegah bengkak pada kaki dan pegal-pegal badan saat hamil ?
    • Bengkak kaki bisa disebabkan beberapa hal diantaranya adalah bengkak karena posisi dan bengkak karena kurang protein. Bengkak karena posisi mudah saja mengatasinya, coba rubah posisi yang banyak melawan gaya tarik bumi, seperti duduk, berbaring dan sedikit mengangkat kaki saat tidur. Bengkak karena kurang protein biasanya karena adanya protein loss lewat urine, ini merupakan gejala pre-eklamsi (keracunan kehamilan). Mengatasinya tidak cukup dengan merubah posisi tetapi harus dengan obat.
  13. Saya terserang flu dan batuk saat hamil. Apakah ada obat yang aman dikonsumsi ?
    • Pada saat hamil, sebaiknya ibu tidak sembarangan mengkonsumsi obat karena apapun yang dikonsumsi ibu, akan menjadi makanan bayi dan dapat mempengaruhi perkembanganya. Flu dapat dilawan dengan daya tahan tubuh dan banyak beristirahat. Cobalah untuk mengkonsumsi vit C untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dan obat tradisional untuk batuknya (seperti air perasan jeruk, dsb). Jika ibu hendak mengkonsumsi obat, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan agar obat yang diminum benar – benar aman dan perlu.
  14. Berapakah kenaikan berat badan yang normal tiap bulannya selama hamil ?
    • Sebenarnya ada hitungan detailnya untuk penambahan berat badan ibu selama hamil, tergantung berat badan dan tinggi badan anda sebelum hamil. Tapi untuk mudahnya pada trimester pertama penambahan berat kurang lebih 1 kg per bulan, trimester ke-2 bertambah 2 kg per bulan dan trimester ke-3 bertambah 3 kg per bulan. Total selama hamil bertambah kurang lebih 10-15 kg.
  15. Saya sedang hamil 7 bulan dan ingin sekali berenang. Apakah aman untuk bayi saya ?
    • Pada usia kehamilan tua, berenang sangat boleh dilakukan oleh ibu, selama ibu dapat mengkontrol aktivitasnya (tidak terlalu lelah). Berjalan – jalan di dalam kolam renang dengan perut di bawah air pun sudah merupakan latihan yang baik karena dengan berenang, tubuh akan menjadi rileks dan bayi akan tenang. Selain itu, ibu juga dapat melatih otot untuk persiapan melahirkan.
  16. Saya sedang hamil 6 bulan, dan belakangan ini saya sering sekali mengalami mimisan. Apakah berbahaya ?
    • Kalau mimisannya sedikit dan cepat berhenti, tidak apa-apa, tetapi bila sering dan banyak akan menyebabkan kadar Hb turun dan mengganggu perkembangan janin. Sebaiknya periksakan ke dokter ahli THT untuk mendapat terapi yang memadai.
  17. Sebentar lagi saya akan memasuki due-date, tetapi saya mengalami sakit pada pangkal paha, terlebih ketika berjalan. Mengapa demikian ?
    • Kadang bila akan mengalami masa-masa peting dalam kehidupan, badan menjadi lebih tegang , produksi adrenalin meningkat. Coba lebih santai, kalo tidak berkurang nyerinya, periksa ke dokter ya.
  18. Usia kehamilan saya saat ini memasuki 8 bulan, namun kenapa saya mengalami mual-mual kembali dan kadang sakit di bagian ulu hati saya ?
    • Mual – mual pada kehamilan lanjut ( besar) disebabkan desakan rahim ke lambung yang mengakibatkan lambung cepat penuh dan mual. Cobalah makan dengan porsi kecil dan sering serta posisi tidur setengah duduk. Mudah – mudahan berkurang mualnya. Kalo masih juga mual boleh minum obat maag atau konsul ke dokter.
  19. Bagaimana cara mencegah mual-muntah di pagi hari pada awal masa kehamilan ?
    • Cobalah makan dengan porsi sedikit dan sering. Saat bangun pagi makan makanan ringan dan teh manis hangat untuk menetralisir asam lambung. Mual muntah bisanya akan berkurang dengan sendirinya setelah kehamilan 4 – 5 bulan.
  20. Bayi saya dinyatakan sungsang oleh dokter kandungan saya. Apa yang sebaiknya saya lakukan agar posisinya menjadi normal ?
    • Cobalah mengambil posisi bersujud seperti orang sholat, dengan dada menyentuh lantai. Pertahankan posisi tersebut kurang lebih 4-5 menit per hari. Cara ini akan membantu agar bayi tidak sungsang. Jangan dilakukan pemutaran secara paksa ya.
  21. Saya diberi beberapa macam vitamin oleh dokter kandungan saya. Sebenarnya apa semua ini dibutuhkan? Kebutuhan gizi apa yang seharusnya saya dapatkan semasa hamil ?
    • Selama hamil memang kebutuhan terhadap zat gizi, vitamin dan mineral meningkat. Dokter biasanya memberikan sesuai dengan keadaan dan kebutuhan ibu dan janin berdasarkan usia kehamilan. Beberapa yang diperlukan adalah zat besi, asam folat, kalsium dan asam amino. Selain itu pola makan anda pun harus memenuhi kecukupan gizi 4 sehat 5 sempurna.
  22. Saya pernah melahirkan secara caesar, kira-kira kapan jarak yang aman untuk hamil lagi ?
    • Idealnya 2 tahun kemudian.
  23. Apakah benar kalau wanita hamil harus menghindari makan duren dan daging kambing ?
    • Selama ibu tidak alergi terhadap makanan tersebut , boleh saja makan durian dan kambing, tapi secukupnya saja ya.
  24. Sebenarnya bagaimanakah posisi tidur yang baik untuk kehamilan ?
    • Tergantung pada usia kehamilannya. Pada kehamilan muda posisi tidur bebas. Pada kehamilan lanjut, posisi miring dan atau setengah duduk lebih baik. Cari posisi yang membuat anda dan janin nyaman selama tidur.
  25. Apakah benar bahwa saya tidak boleh mengecat rambut saat hamil ? Mengapa demikian ?
    • Sebaiknya selama hamil dihindari penggunaan zat kimia termasuk pewarna rambut. Zat kimia tersebut walau tidak langsung masuk ke dalam tubuh ibu, ada kemungkinan bisa meresap melalui kulit kepala. Anda tetap cantik kok dengan warna rambut asli.
  26. Bolehkah saya bepergian dengan pesawat terbang saat hamil ?
    • Boleh saja, sebaiknya saat umur kehamilan 20 -32 minggu untuk menghindari kemungkinan terjadinya abortus dan persalinan prematur. Konsultasikan dahulu dengan dokter anda sebelum pergi.
  27. Apakah USG aman untuk bayi di kandungan saya
    • USG aman untuk janin anda. USG tidak menggunakan sinar radiasi.
  28. Kapankah saya bisa mulai merasakan gerakan bayi di dalam rahim ?
    • Biasanya mulai dirasakan saat kehamilan 5 – 6 bulan.
  29. Saya dengar jika meminum air kelapa hijau, maka kulit bayi yang lahir akan putih. Benarkah demikian?
    • Wah belum ada penelitian tentang hal tersebut. Selama hamil kebutuhan akan air minum memang meningkat, jadi minum air putih termasuk air kelapa hijau baik untuk kehamilan anda.
  30. Saya sedang hamil 8 bulan, namun kadang merasakan kontraksi. Berbahayakah kondisi kandungan saya ?
    • Saat hamil 8 bulan kadang timbul kontraksi palsu / braxton hicks, kontraksi ini tidak terlalu kuat, jarang dirasakan dan tidak disertai pembukaan jalan lahir. Kontraksi palsu tidak berbahaya bagi janin anda, namun bila semakin sering dan kuat segera periksa ke dokter kandungan anda.
Share

  • Hypnobirthing
  • Kehamilan